Jumat 10 May 2024 17:02 WIB

Busana Idol K-Pop di Met Gala 2024 Dikritik, Dulu 'Gila-gilaan' Sekarang Biasa Saja?

Warganet melihat ada perbedaan pada busana yang dipilih idol K-pop di Met Gala.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Jennie Blackpink ketika menghadiri acara Met Gala 2024. Busana idol K-pop di Met Gala 2024 dikritik.
Foto: Dok. EPA-EFE/JUSTIN LANE
Jennie Blackpink ketika menghadiri acara Met Gala 2024. Busana idol K-pop di Met Gala 2024 dikritik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Met Gala 2024 kembali digelar dan dihadiri bintang dunia pada 6 Mei lalu. Dalam pameran kostum di New York, Amerika Serikat (AS) ini, para bintang kerap menonjolkan pakaian unik dan menyita perhatian.

Namun warganet melihat ada yang sedikit berbeda pada tahun ini. Khususnya terhadap para idol K-pop.

Baca Juga

Ajang tahun ini mengusung tema "Sleeping Beauties: Reawakening Fashion". Peserta diharapkan mengenakan kostum menonjol sesuai tema dan memamerkannya di karpet merah.

Artis K-pop yang hadir tahun ini termasuk Jennie Blacpink dan Stray Kids, yang ikut tampil di karpet merah acara tersebut. Namun, kehadiran mereka telah memicu perdebatan di komunitas daring yang mengkritik kostum para idol.

Jennie dan Stray Kids bukanlah idola K-pop pertama yang menghadiri Met Gala. Pada tahun-tahun sebelumnya, ada CL, Rosé Blackpink, Johnny NCT, dan Jackson Wang GOT7, yang semuanya diundang menghadiri acara tersebut. Kali ini warganet mengkritik kostum yang dianggap kurang menarik, bahkan cenderung membosankan. Jennie dan Stray Kids menerima reaksi beragam terkait kostum yang mereka kenakan.

Cicitan seorang warganet yang menganggap pakaian idol K-pop cenderung biasa saja viral di X. Dia mempertanyakan alasan para idola K-pop yang tidak mengenakan pakaian lebih menarik, mengingat pengalaman idol K-pop pada karpet merah masa lalu.

Cicitan viral lainnya tampak memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut. Kondisi ini disebut karena fashion K-pop sudah lama tidak seberani dulu karena beberapa faktor.

Kritik ini tidak mengherankan, mengingat K-pop lahir dengan dengan konsep fashion yang kerap berani dan selalu menyita perhatian. Sebagai perbandingan, konsep K-pop dulunya merupakan bagian dari genre yang diketahui oleh non-penggemar.

Ada bukti bahwa perubahan ini sebagian didorong oleh penggemar. Seorang anggota grup baru DXMON menerima reaksi beragam atas “gayanya yang dipertanyakan” yang meniru gaya rambut masa lalu yang dilakukan oleh idola K-pop.

Warganet lain menunjukkan bahwa duta merek juga berperan dalam perubahan mode K-pop. Apalagi dengan rumah mode besar internasional, pakaian yang biasa dikenakan para duta besar cenderung bersifat aman.

Meskipun “masalah” ini mungkin disebabkan oleh mode K-Pop yang mengikuti tren, hanya waktu yang akan membuktikan apakah pilihan gaya yang lebih unik akan kembali muncul. Sementara itu, warganet menilai masih ada beberapa idola yang menampilkan fashion nyentrik dan luar biasa, seperti dari Key SHINee, Taeyong NCT, dan Young Posse.

"K-pop dikenal memiliki fashion yang gila-gilaan, tapi idola K-pop sekarang berbeda," kata warganet, dikutip Koreaboo, Jumat (10/5/2024).

"Fashion K-pop sudah tidak gila lagi seperti terakhir kali kamu melihat sesuatu yang gila atau campy untuk pakaian panggung? WJSN Chocome adalah satu-satunya hal terbaru yang dapat saya pikirkan," kata yang lain.

"Bahkan gaun Itzy pun normal sekarang," tulis yang lain.

"Terima kasih Taeyong karena selalu bersedia menjadi sedikit aneh ketika tidak ada orang lain yang melakukannya," kata warganet yang memberikan pujian.

"Kamp fashion di K-pop mati ketika mereka mulai memprioritaskan duta merek fashion," ujar warganet. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement