Senin 24 Apr 2023 05:02 WIB

Terbuat dari Bahan Nabati, Daging Babi Tiruan Seperti Vege BBQ Pork Halal atau Haram?

Vege bbq pork tidak dibuat menggunakan bahan yang berasal dari babi dan turunannya.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Burger dengan bacon dari Crazee Burger, restoran terkenal di San Diego, California, AS 28 August 2010. Di Amerika Serikat, bacon identik dengan daging babi. Produk dengan sebutan vege bbq pork, vege pulled pork, vege roast pork, vege beef meat, dan vege beef ball tetap tidak bisa mendapatkan sertifikat halal meski terbuat dari bahan nabati.
Foto:

Selain itu, sumber bahan yang dipakai dalam daging babi vegan ini ternyata berasal dari semacam enzim mikroorganisme yang masih belum jelas kehalalannya. Umat Islam harus menghindari produk yang belum bisa dipastikan kehalalanya.

Pada komposisi produk daging babi vegetarian terdapat whey protein dan esens vegetarian. Whey protein dapat diperoleh dari hasil samping penggumpalan dari industri pengolahan keju. Namun, sumber bahan penggumpal yang dapat berasal dari enzim mikroorganisme mengakibatkan status kehalalan whey protein menjadi sangat diragukan.

Vegetarian essence terdiri dari bermacam-macam senyawa kimia yang harus diperiksa secara detail status kehalalannya. Di sisi lain, produk vegan tidak mempersyaratkan bebas alkohol khamr pada komposisi produknya, sehingga bisa saja menggunakan khamr ketika memproduksinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement