Kamis 20 Apr 2023 18:50 WIB

Pakai Cushion Saat Lebaran, Pastikan Wudhu Friendly Biar tidak Ribet

Cushion wudhu friendly gampang luntur, namun pengguna masih bisa touch up.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Cushion (Ilustrasi). Belakangan, tersedia cushion yang wudhu friendly.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Cushion (Ilustrasi). Belakangan, tersedia cushion yang wudhu friendly.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ingin tampil dengan dandanan yang lebih ringan saat lebaran nanti? Cushion dapat menjadi pilihan alih-alih foundation.

Selain memperhatikan kehalalannya, pecinta kosmetik sebaiknya memilih produk cushion yang wudhu friendly. Sebenarnya, apa sih cushion wudhu friendly itu?

Baca Juga

Penata rias dari Anie Creativity, Anie, menjelaskan cushion dapat dipakai sebagai pengganti foundation untuk opsi dandanan lebih ringan. Cushion wudhu friendly belakangan baru ngetren.

"Tapi, namanya cushion tetep saja perlu di touch up kalau habis kena air. Aplikasikan saja lagi dengan spons cushion-nya," ujar Anie kepada Republika.co.id, Senin (17/4/2023).

Sebagai makeup artist, Anie mengaku hingga saat ini ia belum mencoba menggunakan cushion wudhu friendly. Cushion wudhu friendly kurang baik dalam menutup kulit wajah untuk makeup resmi, sementara pekerjaan Anie menuntutnya memberikan riasan yang tahan lama atau awet untuk pelanggannya.

Anie mengatakan salah satu jenama kosmetik yang memiliki cushion wudhu friendly adalah Wardah yang sudah dipastikan kehalalannya. Namun, cushion wudhu friendly ini jarang ada yang awet, mudah luntur.

"Kan memang biar kulit tetap bisa menyerap air wudhu," ujarnya.

Untuk cushion yang awet dan tahan lama, menurut Anie, biasanya berasal dari China. Kabarnya, cushion tersebut, lanjut Anie, mengeklaim wudhu friendly, namun belum jelas kehalalannya.

Bagaimana jika cushion yang dipakai tidak wudhu friendly? Anda dapat membawa micellar water untuk menghapusnya sebelum berwudhu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement