Jumat 07 Apr 2023 16:39 WIB

Vaksin Covid-19 Versi Semprotan Hidung Tampak Picu Respons Kekebalan yang Kuat

Vaksin Covid-19 versi semprotan hidung mengandung bentuk virus hidup yang dilemahkan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin flu babi H1N1 diberikan melalui semprotan hidung. Vaksin Covid-19 versi semprotan hidung tampak memicu respons kekebalan yang kuat.
Foto:

Selain itu, Dr Trimpert mengungkapkan manfaat utama dari vaksin hidung adalah kekebalan diaktifkan tepat di tempat yang dibutuhkan. Ini adalah induksi kekebalan lokal di lokasi infeksi alami yang bisa menjadi pengubah yang signifikan di sini.

"Menilai dari hasil kami, ini berdampak besar dan sangat mengurangi risiko infeksi," kata Dr Trimpert.

Di sisi lain, vaksin hidung ini belum tersedia di Amerika Serikat (AS). Saat ini, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada empat vaksin Covid-19 yang disetujui di AS. Semuanya diberikan melalui suntikan ke otot.

Vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna keduanya adalah vaksin mRNA, yang menggunakan mRNA (messenger RNA) untuk memicu sel menghasilkan protein virus. Ini mendorong sistem kekebalan untuk membuat antibodi.  

Janssen Johnson & Johnson adalah vaksin vektor virus, yang mengirimkan "instruksi" DNA ke sel-sel tubuh melalui virus lain yang tidak berbahaya. Sementara vaksin Novavax adalah vaksin subunit protein, yang menggunakan beberapa protein dari virus penyebab Covid-19—dikenal sebagai "protein lonjakan"—untuk "melatih" sistem kekebalan untuk bertindak melawan protein lonjakan pada masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement