Ahad 26 Mar 2023 22:30 WIB

Obat Antibiotik, Antidepresan, atau Statin Jangan Diminum Bareng dengan Makanan/Minuman In

Ada obat-obatan yang tidak boleh dikonsumsi dengan makanan/minuman tertentu.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Obat-obatan (ilustrasi). Ketika mengonsumsi obat tertentu, seseorang perlu memperhatikan pola makan karena beberapa makanan/minuman dapat berdampak signifikan pada cara kerja obat di tubuh.
Foto:

3. Antidepresan dan charcuterie

Meskipun kurang umum diresepkan, monoamine oxidase inhibitors (MAOIs) digunakan untuk mengobati berbagai bentuk depresi dan beberapa gangguan sistem saraf, seperti gangguan panik. Namun, antidepresan ini tidak boleh dicampur dengan makanan tinggi tyramine seperti keju tua seperti cheddar dan gorgonzola.

Obat tersebut juga tak boleh diasup berbarengan dengan daging olahan seperti prosciutto (daging kaki babi) dan chorizo, yakni semacam sosis babi dari Semenanjung Iberia. Sejumlah makanan itu biasanya ditemukan pada bagan charcuterie, yakni susunan beragam daging olahan ala Prancis.

"Makanan tertentu yang tinggi tyramine seperti keju tua, anggur, dan daging yang diawetkan dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah yang berbahaya karena penghambatan monoamine oxidase oleh MAOI, enzim yang memecah neurotransmiter tertentu di otak," kata Bowers.

Sejumlah makanan itu dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah yang berbahaya, yang dikenal sebagai krisis hipertensi. Oleh karena itu, orang yang mengonsumsi MAOI disarankan untuk menghindari makanan kaya tyramine agar memastikan kemanjuran dan keamanan obat tersebut.

Ahli gizi mengingatkan bahwa masyarakat harus selalu memeriksa ulang pilihan makanan mereka dan segala kemungkinan interaksi dengan obat-obatan dari dokter maupun apoteker.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement