Senin 22 Apr 2024 19:29 WIB

Hewan Peliharaan Bisa Tularkan Bakteri Kebal Antibiotik, Lakukan Ini Kalau Kucing Sakit

Resistensi antibiotik merupakan ancaman kesehatan masyarakat terbesar umat manusia.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Kucing peliharaan. Ketika binatang peliharaan sakit, pisahkan di ruangan lain agar bakteri penyebab penyakitnya tidak menyebar.
Foto: Republika/Qommarria Rostanti
Kucing peliharaan. Ketika binatang peliharaan sakit, pisahkan di ruangan lain agar bakteri penyebab penyakitnya tidak menyebar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para peneliti Portugal menemukan hewan peliharaan dapat menularkan bakteri yang kebal antibiotik kepada pemiliknya. Temuan itu dipresentasikan di Kongres Global European Society of Clinical Microbiology and Infectious Diseases (ESCMID).

"Ketika binatang peliharaan Anda sakit, isolasi di ruang terpisah untuk menjaga agar bakteri penyebab penyakitnya tidak menyebar ke seantero rumah," kata peneliti utama Juliana Menezes dari University of Lisbon.

Baca Juga

Menezes juga mengingatkan agar masyarakat membersihkan rumah dengan saksama ketika binatang peliharaannya sakit. Ia menyebut temuan timnya pentingnya memasukkan keluarga yang memiliki hewan peliharaan dalam program nasional yang memantau tingkat resistensi antibiotik.

Untuk sampai pada kesimpulan tersebut, peneliti menguji sampel feses dan urine serta usapan kulit dari anjing dan kucing serta para pemiliknya. Dilansir The Sun, Senin (22/4/2024), mereka mencari Enterobacterales yang resisten terhadap antibiotik umum. Enterobacterales adalah keluarga besar bakteri yang mencakup E.coli dan Klebsiella pneumoniae.

Para peneliti mengamati lima kucing, 38 anjing, dan 78 manusia dari 43 rumah tangga di Portugal dan 22 anjing dan 56 manusia dari 22 rumah tangga di Inggris Raya (UK). Semua manusia dinyatakan sehat, sementara hewan peliharaan terpantau mengalami infeksi kulit dan jaringan lunak atau infeksi saluran kemih.

Tiga kucing dan 21 anjing serta 28 pemilik binatang peliharaan itu memiliki Enterobacterales yang resisten terhadap sefalosporin generasi ketiga.  Di lima rumah tangga, satu rumah dengan seekor kucing dan empat rumah dengan anjing, baik peliharaan maupun pemiliknya membawa bakteri yang resisten.

Analisis genetik mengungkap adanya infeksi bakteri dari strain yang sama. Ini menunjukkan bahwa bakteri tersebut ditularkan dari hewan peliharaan ke pemiliknya atau sebaliknya.

Di salah satu dari lima rumah tangga ini, seekor anjing dan pemiliknya juga memiliki strain Klebsiella pneumoniae yang kebal antibiotik yang sama. Menezes menyebut, tidak mungkin membuktikan arah penularannya.

Meski begitu, lanjut Menezes, garis waktu dari hasil tes yang positif sangat menunjukkan bahwa bakteri tersebut berpindah dari hewan peliharaan ke manusia dalam beberapa kasus. Menurutnya, mempelajari lebih lanjut tentang resistensi antibiotik pada hewan peliharaan akan membantu pengembangan intervensi yang terinformasi dan tepat sasaran untuk menjaga kesehatan hewan dan manusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement