Selasa 21 Mar 2023 15:22 WIB

Anda Terperangkap dalam Toxic Relationship Kalau Rasakan 1 dari 4 Ciri Ini

Sering kali, perempuan sulit keluar dari toxic relationship.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Peluncuran kampanye Uncover Your Stories oleh Rollover Reaction di Atsiri Sarinah, Jakarta, Jumat (17/3/2023), mengajak perempuan speak-up jika alami kekerasan verbal maupun non-verbal.
Foto:

3. Dikekang

Hubungan yang toxic biasanya akan membatasi semua aktivitas, bahkan pasangan tidak segan melarang untuk tidak bertemu teman hingga keluarga. Ini berbahaya karena pasangan bisa menguasai sepenuhnya dan kian menyudutkan.

4. Merasa tak berdaya dan tak berharga

Ini adalah puncak akibat dari kekerasan yang dialami perempuan dalam sebuah hubungan. Mereka akan merasa tidak berdaya dan tidak berharga sehingga mempertanyakan harga dirinya sendiri dan meyakini bahwa dirinya pantas diperlakukan seperti itu.

"Mereka biasanya takut untuk keluar dari hubungan, mungkin diancam. Jadi dari tanda ini, satu check list saja sudah perlu kita lakukan sesuatu walau memang ada yang tetap nggak bisa keluar,” papar Tara.

Lantas bagaimana jika sulit untuk keluar dari toxic relationship? Yang paling utama adalah mendorong diri untuk berani bicara ke teman, keluarga, atau bisa ke profesional seperti psikolog. Buang rasa malu dan takut, serta utamakan pilih orang teraman untuk bercerita agar mereka bisa membantu.

"Dengarkan insting lalu angkat diri kita setinggi-tingginya, ketika kita merasa worth, kita nggak akan diperlakukan seperti itu. Dan berlaku baiklah satu sama lain, jadi saling dukung, jadi teman yang baik. Kalau tidak bisa membantu teman atau keluarga kita untuk keluar dari hubungan itu, sarankan untuk ke profesional," ucap Tara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement