Selasa 14 Mar 2023 03:45 WIB

5 Cara Mudah Turunkan Tekanan Darah Tanpa Minum Obat

Tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Mengukur tekanan darah (ilustrasi). Ada sejumlah cara alami untuk menurunkan tekanan darah.
Foto:

4. Kurangi asupan garam

Dr Abramson mengatakan bahwa mengurangi asupan garam dapat membantu mengontrol tekanan darah. Studi Trial of Hypertension Prevention menemukan bahwa ini adalah cara yang efektif untuk mengurangi hipertensi, bahkan jika penurunan berat badan tidak terjadi.

Beberapa orang dapat menderita sensitivitas garam, di mana mengonsumsi natrium meningkatkan tekanan darah lebih dari rata-rata orang. Bagi orang-orang ini, mengurangi asupan garam bisa menjadi sangat penting. Setengah dari penderita hipertensi memiliki sensitivitas garam, menurut American Heart Association.

5. Cobalah diet DASH

DASH mengacu pada Pendekatan Diet untuk Menghentikan Hipertensi. Ini merupakan rencana makan yang menekankan pada sumber makanan sehat dan membatasi makanan yang tidak sehat.

Dr Abramson mengatakan, mengikuti diet DASH dengan hati-hati dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan, dan menerapkan elemen-elemen diet ini juga berguna untuk kesehatan jantung secara keseluruhan. Hal ini termasuk mengurangi konsumsi daging merah dan makan lebih banyak buah, sayuran, dan kacang-kacangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement