Kamis 09 Mar 2023 12:17 WIB

Mirip TikTok, Spotify Lakukan Desain Ulang

Spotify mengumumkan desain ulang terbesarnya dalam satu dekade.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Perombakan desain Spotify menghadirkan tampilan visual interaktif mirip TikTok dan Instagram pada halaman Beranda aplikasi seluler dan penuh gambar/ilustrasi.
Foto: EPA
Perombakan desain Spotify menghadirkan tampilan visual interaktif mirip TikTok dan Instagram pada halaman Beranda aplikasi seluler dan penuh gambar/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Spotify mengadakan acara Stream On tahun keduanya untuk para kreator. Dalam acara tersebut, Spotify mengambil kesempatan untuk mengumumkan desain ulang terbesarnya dalam satu dekade.

Perombakan ini menghadirkan tampilan visual interaktif mirip TikTok dan Instagram pada halaman Beranda aplikasi seluler dan penuh gambar. Selain itu, desain baru juga menghadirkan beberapa fitur berbasis penemuan baru untuk musik, podcast, dan buku audio.

Baca Juga

Meskipun acara Stream On memiliki fokus utama pada alat dan sumber daya baru untuk artis musik, podcaster, dan pembuat buku audio, awal presentasi berfokus pada tampilan dan fitur baru bagi pengguna. Beberapa akan tersedia untuk semua orang dan beberapa untuk pelanggan.

Perubahan terbesar datang ke layar Beranda yang mengambil tata letak lama sampul album dan gambar statis dan menghidupkannya dengan klip video, pratinjau audio lagu, daftar putar, album, episode podcast, dan banyak lagi. Semuanya dapat diketuk dan digesek untuk menjelajah lebih jauh atau disimpan untuk nanti. 

Dilansir Digital Trends, Kamis (9/3/2023), desain gaya umpan baru akan terlihat di seluruh aplikasi, di bagian seperti Discovery Weekly, Release Radar, dan New Music Friday. Spotify mengatakan itu akan mendorong pengalaman lebih aktif yang membantu kreator untuk tumbuh, terlibat, dan menghasilkan uang.

Fitur lain yang diumumkan pada acara tersebut termasuk Smart Shuffle baru. Menurut Spotify ini akan menghidupkan kembali daftar putar dengan merekomendasikan lagu berdasarkan perasaan daftar putar Anda.

Ada juga Autoplay for Podcasts yang secara otomatis akan memulai podcast baru berdasarkan apa yang Anda suka saat podcast berakhir. Namun, Smart Shuffle hanya akan tersedia untuk pelanggan.

Fitur-fitur baru ini melengkapi fitur DJ Spotify yang menambahkan komentar buatan AI dalam bentuk suara DJ untuk membantu mempersonalisasi pilihan stasiun radio yang dikurasi seperti musik yang dibuat Spotify.

Spotify juga mengumumkan beberapa alat dan fitur baru untuk artis, termasuk Spotify Clips, cara bagi artis untuk berinteraksi dengan penggemar, rangkaian alat Spotify for Podcasters baru yang merampingkan proses dan memberikan data dan analitik di setiap podcast pembuat, dan fitur Countdown Pages baru untuk menghitung mundur bulan, hari, dan jam hingga rilis album baru.

Spotify tidak memberikan tanggal peluncuran untuk fitur desain ulang, tetapi mulai diluncurkan ke pengguna Premium dan Gratis secara global di iOS dan Android. Fitur akan mulai muncul selama beberapa pekan dan bulan mendatang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement