Jumat 23 Feb 2024 12:00 WIB

Jimin BTS Pecahkan Rekor Solois Korea dengan Streaming Terbanyak di Spotify

Jimin BTS meraih 2 miliar streaming untuk seluruh lagu solonya per 19 Februari 2024.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Jimin BTS. Jimin BTS memecahkan rekor sebagai solois Korsel yang karyanya mencatat streaming terbanyak di platform musik Spotify.
Foto: Hybe Labels
Jimin BTS. Jimin BTS memecahkan rekor sebagai solois Korsel yang karyanya mencatat streaming terbanyak di platform musik Spotify.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah prestasi baru yang mengesankan dicapai oleh musisi Korea Selatan, Jimin BTS. Personel grup K-pop BTS itu memecahkan rekor sebagai solois Korsel yang karyanya mencatat streaming terbanyak di platform musik Spotify.

Dikutip dari laman All K-pop, Jumat (23/2/2024), Jimin melampaui dua miliar streaming untuk seluruh lagu solonya per 19 Februari 2024. Secara agregat, semua lagu selama dia berkarier solo (termasuk karya kolaborasi) telah melampaui 2,8 miliar streaming.

Baca Juga

Lagu dengan performa terbaik adalah single utama "Like Crazy"dari album debut solo Face. Pada tangga lagu Spotify bertanggal 17 Februari 2024, jumlah streaming terbanyak untuk lagu tersebut telah melampaui 877,6 juta, mengalahkan lagu "Butter" milik BTS.

"Like Crazy" juga naik ke peringkat tiga di antara lagu-lagu K-pop dengan streaming terbanyak pada tahun pertama perilisannya. Padahal, "Like Crazy" belum berusia satu tahun penuh sejak perilisannya, sehingga ada kemungkinan lagu ini naik ke peringkat yang lebih tinggi.

 

Pada tangga lagu 18 Februari 2024, "Like Crazy" mencapai tonggak sejarah lain karena telah mengumpulkan lebih dari 880 juta streaming di Spotify. Karya itu mencetak dua rekor baru, sebagai lagu Korea tercepat yang mencapai angka tersebut, serta lagu solo K-pop tercepat (332 hari).

Beberapa hari kemudian, pada tangga lagu 21 Februari, lagu tersebut mengumpulkan lebih dari 887 juta streaming. Dengan demikian, lagu naik ke posisi ketiga di antara lagu karya solois K-pop yang paling banyak diputar dalam sejarah Spotify.  

Secara keseluruhan, lagu "Like Crazy" menduduki peringkat kedelapan di antara lagu-lagu K-pop (grup, solo, atau lainnya) yang paling banyak diputar dalam sejarah platform tersebut. Ini menunjukkan minat besar penikmat musik terhadap karya Jimin.

Setelah melakukan debut solo pada 2023, performa karya-karya Jimin di tangga musik domestik maupun internasional sungguh mencengangkan. Hal yang lebih mengesankan lagi, semua pencapaian itu diperoleh Jimin dalam waktu kurang dari setahun tanpa promosi besar-besaran.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement