Senin 12 Feb 2024 06:28 WIB

Pesan Mendalam Musisi Donne Maula di Lagu 'Sabar'

Sabar sebuah ungkapan perasaan dengan pesan mendalam soal kesabaran.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Penyanyi Donne Maula
Foto: Tangkapan layar Instagram
Penyanyi Donne Maula

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melanjutkan kesuksesan lagu "Bercinta Lewat Kata" dengan 68 juta stream Spotify, solois Donne Maula kembali dengan single terbarunya. Dia menghadirkan lagu berjudul "Sabar" yang merupakan sebuah ungkapan perasaan dengan pesan mendalam soal kesabaran.

Suami dari Yura Yunita itu memperuntukkan lagunya bagi para sosok yang selalu terlihat kuat dan penyabar dari luar. Donne seolah bertanya untuk orang-orang yang selalu bersikap sabar, apa benar harus tetap sabar dalam segala kondisi yang dihadapi?

Baca Juga

"Gue menyadari bahwa dulu kita diajarkan agar jangan marah, harus memaafkan, tanpa diberi tahu bagaimana caranya untuk mengolah dan mengeluarkan rasa kecewa atau amarah di dalam diri," kata Donne tentang makna di balik lagunya, dikutip dari siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (12/2/2024).

Hingga pada suatu titik, Donne sadar bahwa sebagai manusia, seseorang yang sedang kecewa justru harus mengeluarkan rasa tersebut ke sosok yang membuatnya kecewa, bukan melulu bersikap sabar. Namun, itu semua harus disampaikan dengan baik.

Sebab, di setiap langkah kehidupan, Donne berpendapat semua orang pasti akan menjumpai peristiwa yang membuatnya mengucap kata sabar di dalam hati. Terkait keputusan bagaimana menghadapinya, itu ada di hati dan logika. 

Lagu "Sabar" diciptakan sendiri oleh Donne. Dia melibatkan Ivan Gonjaya untuk proses aransemen musik. Dalam lagu, terdengar vokal Agustin Oendari dan Ivan Gonjaya yang menyumbangkan suaranya sebagai backing vocal.

Tembang yang diproduksi di bawah naungan label Merakit ini direkam di Roemah Iponk. Termasuk, proses mixing dan mastering yang dirampungkan oleh Ivan Gonjaya di Roemah Iponk. Sementara, artwork lagu dibuat oleh Adithya Pattisahusiwa.

"Sabar" adalah single terakhir Donne sebelum menghadirkan album penuh yang rencananya dirilis tahun ini. Lagu "Sabar" menjadi pintu yang paling tepat untuk mengantarkan ke karya album mendatang, dengan lirik, nada, dan petikan gitar yang syahdu khas Donne.

Penikmat musik juga akan mendapati balutan instrumen lain yang cukup mengejutkan dalam lagu. Nuansanya seolah menggambarkan bagaimana perasaan kalut yang ada di hati dan kepala seseorang ketika sedang dihadapkan pada masalah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement