Rabu 08 Mar 2023 09:17 WIB

Inspiratif dan 'Berisi', 5 Film Ini Cocok Ditonton untuk Rayakan Hari Perempuan

Mulai dari film biografi hingga animasi klasik, perempuan telah menjadi inspirasi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film The Help. Film ini menjadi salah satu film inspiratif untuk memperingati Hari Perempuan Internasional. (ilustrasi)
Foto: Walt Disney Pictures
Salah satu adegan di film The Help. Film ini menjadi salah satu film inspiratif untuk memperingati Hari Perempuan Internasional. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Perempuan Internasional diperingati setiap 8 Maret untuk merayakan pencapaian sosial, ekonomi, budaya, dan politik para perempuan dari seluruh dunia. Bagi para pencinta film, Anda mungkin tertarik untuk menonton film yang merepresentasikan pencapaian perempuan tersebut.

Mulai dari film biografi hingga animasi klasik, perempuan telah menjadi inspirasi dan sudah selayaknya kita apresiasi. Dilansir laman Leisure Byte, Rabu (8/3/2023), berikut lima film yang benar-benar bisa ditonton untuk memperingati Hari Perempuan Internasional:

Baca Juga

1. Little Women (2019)

photo
Foto adegan film Little Women. - (dok. Sony Pictures)

 

 

Film yang diangkat dari novel berjudul sama ini mengusung pemberdayaan perempuan yang dipadukan dengan kisah tragedi serta romansa. Drama yang mengisahkan masa remaja dari kakak beradik March ini ditulis dan disutradarai Greta Gerwig. Para pemainnya meliputi Saoirse Ronan, Emma Watson, Florence Pugh, Eliza Scanlen, Laura Dern, Timothée Chalamet, Meryl Streep, Tracy Letts, Bob Odenkirk, James Norton, Louis Garrel, dan Chris Cooper. Film ini bisa ditonton di Netflix.

2. Wild (2014)

photo
Salah satu adegan dalam film Wild. - (Fox Searchlight Pictures)

 

Film yang diarahkan Jean-Marc Vallee ini mengedepankan sisi petualangan dan pencarian jati diri. Film yang didasarkan pada memoar tahun 2012 berjudul Wild: From Lost to Found on the Pacific Crest Trail, berkisah tentang Cheryl Strayed yang setelah kematian sang ibu dan perpisahan dengan kekasihnya bertekad mengikuti Pacific Crest Trail dari Meksiko ke Kanada.

Petualangan itu memakan waktu selama tiga bulan. Film Wild dibintangi oleh Reese Witherspoon sebagai pemeran utama bersama dengan Laura Dern, Thomas Sadoski, Michiel Huisman, Gaby Hoffmann, Kevin Rankin, dan W Earl Brown. Film ini bisa ditonton di Apple TV +.

3. Brave (2012)

photo
Salah satu adegan dalam film Brave. - (Walt Disney Pictures)

 

Film animasi yang dinilai telah menginspirasi para remaja ini berkisah tentang Putri Merida dari DunBroch yang menentang kehendak ibunya, seorang ratu bernama Elinor, untuk menjadi putri sejati. Dalam prosesnya ia berhasil menemukan jati dirinya.

Disutradarai oleh Mark Andrews dan Brenda Chapman, film ini ditulis oleh Mark Andrews, Steve Purcell, Brenda Chapman dan Irene Mecchi. Sementara aktor Kelly Macdonald, Emma Thompson, Billy Connolly, Julie Walters, Robbie Coltrane, Kevin McKidd dan Craig Ferguson menjadi pengisi suara untuk karakter animasi kecil. Film ini bisa disaksikan di Disney+ Hotstar.

4. The Help (2011)

photo
Salah satu adegan di film The Help. - (Walt Disney Studios)

 

Sebuah drama yang diangkat dari novel tahun 2009 karya Kathryn Stockett dengan judul yang sama, dibintangi oleh Jessica Chastain, Viola Davis, Bryce Dallas Howard, Allison Janney, Octavia Spencer, Emma Stone, dan Sissy Spacek sebagai pemeran utama. Tate Taylor adalah sutradara film ini sekaligus penulis skenario di mana ceritanya berkisah tentang seorang wanita muda berkulit putih yang menentang rasisme.

Karakter wanita tersebut menulis cerita tentang rasisme yang dihadapi para perempuan kulit hitam yang bekerja sebagai asisten rumah tangga di rumah tangga keluarga kulit putih, selama Gerakan Hak-hak Sipil pada tahun 1963 di Jackson, Mississippi AS. Film ini bisa disaksikan secara streaming di Sony Liv.

5. Erin Brockovich (2000)

photo
Salah satu adegan dalam film Erin Brokovich. - (Erin Brockovich)

 

Sebuah film drama biografi ini diangkat dari kisah nyata Erin Brockovich yang memperjuangan keadilan bagi warga yang terkena bahan kimia beracun kromium heksavalen, atau kromium 6 yang telah mencemari Hinkley, tempat beroperasi perusahaan energi California, Pacific Gas & Electric (PG&E). Penduduk yang tinggal di sekitar pabrik mengalami gangguan kesehatan seperti tumor, keguguran berulang, kanker, dan lainnya karena paparan kromium tersebut.

Disutradarai oleh Steven Soderbergh dan ditulis oleh Susannah Grant, film ini diperankan Julia Roberts yang sukses diganjar Piala Oscar untuk kategori Aktris Terbaik. Film ini juga sukses secara global dengan meraih 256,3 juta dolar AS. Saat ini film masih bisa ditonton di Prime Video.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement