Selasa 07 Mar 2023 04:02 WIB

Slipknot Bawa US Marine untuk Kawal Penampilannya di Hammersonic, TNI AD Juga Dilibatkan

Slipknot menjadi headliner Hammersonic Festival 2023.

Rep: Fitriyan Zamzami/ Red: Reiny Dwinanda
Band heavy metal asal AS, Slipknot, akan tampil di Hammersonic di Carnaval, Ancol, Jakarta Utara, pada 19 Maret 2023.
Foto: Dok Ravel Entertainment
Band heavy metal asal AS, Slipknot, akan tampil di Hammersonic di Carnaval, Ancol, Jakarta Utara, pada 19 Maret 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pihak penyelenggara Hammersonic Festival 2023 membocorkan riders atau daftar permintaan dari Slipknot. Mereka rupanya membawa pasukan keamanan US Marine untuk memastikan keamanan penampilannya di festival musik cadas tersebut.

"Untuk sekadar info, mereka (Slipknot) membawa security sendiri, dan security-nya itu US Marine," kata perwakilan dari Hammersonic Festival 2023 Dede Rianta yang akrab disapa Deri saat konferensi pers di Jakarta, Senin (6/3/2023).

Baca Juga

Menurut estimasi Deri, total keseluruhan jumlah orang yang dibawa Slipknot sekitar 140 orang, di antaranya termasuk beberapa orang US Marine. Dari pihak panitia, diterjunkan juga pasukan pengaman dari satuan elite TNI Angkatan Darat.

Soal logistik dan mekanisme mendatangkan Slipknot, menurut Dede tak begitu merepotkan. Saat ini, sudah 60 persen kesiapan logistik untuk penampilan Slipknot pada 19 Maret 2023 di Karnaval Ancol.

 

"Bukan sulit sih, yang saklek itu sebenarnya itu adalah security-nya. Jadi kayak ada, misalnya, dia satu jam sebelum main itu harus clear area dan clear area itu tidak hanya diawasi oleh pengamanan setempat tapi juga dari tim yang mereka turunkan khusus. Jadi mereka cukup ketat," jelas Naomi Claudya yang juga perwakilan Hammersonic Festival 2023.

Selain itu, menurut Deri, riders lainnya dari Slipknot masih dapat terakomodasi oleh pihak penyelenggara festival. Menurut dia, riders Slipknot tidak menyulitkan dan justru membuat tim Hammersonic semakin belajar jika mengundang band-band dari luar negeri kembali.

Slipknot merupakan penampil utama (headliner) di Hammersonic Festival 2023. Penampilan band metal asal Amerika itu telah dinanti-nanti oleh penggemar.

Band Slipknot terkenal dengan aksi panggungnya yang kompleks. Para anggota band itu yang seluruhnya mengenakan topeng di panggung kerap melakukan aksi-aksi yang membahayakan diri mereka sendiri. Aksi-aksi itu jadi salah satu daya jual band tersebut.

Sebelumnya, Slipknot telah dijadwalkan tampil di Hammersonic pada 2020. Hanya saja, gelaran ditunda karena pandemi Covid-19.

Slipknot juga sempat dijadwalkan tampil di Manila, Filipina dan di Singapura pada 2020. Pihak promotor di Manila dan Singapura pada 2022 secara resmi mengumumkan band itu batal tampil di dua negara tersebut. Indonesia pun menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang dikunjungi Slipknot.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement