Rabu 01 Mar 2023 19:09 WIB

Astrid tak Menyangka Dapat Tawaran Nyanyikan Lagu Religi dari Dewa Budjana

Begitu mendapat tawaran dari Dewa Budjana, Astrid langsung setuju.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Astrid (kiri) berkolaborasi dengan Dewa Budjana (kanan) merilis lagu religi berjudul Lillahi Ta ala. Astrid mengaku tak menyangka ketika mendapat tawaran dari Budjana.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Astrid (kiri) berkolaborasi dengan Dewa Budjana (kanan) merilis lagu religi berjudul Lillahi Ta ala. Astrid mengaku tak menyangka ketika mendapat tawaran dari Budjana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membawakan lagu religi "Lillahi Ta'ala" bersama musisi Dewa Budjana menghadirkan pengalaman tersendiri bagi penyanyi Astrid. Perempuan 41 tahun kelahiran Surabaya itu mengatakan "rasa" saat menyanyikan lagu amat berbeda dari karya biasanya.

"Biasanya lagu cinta, lagu ke pacar, atau lagu marah-marah. Ini beda. Waktu take vocal berusaha merasakan dulu lirik lagunya. Rasa yang dicari pun vertikal, dengan Yang di Atas," ujar Astrid pada konferensi pers di Ecology Bistro Kemang, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Baca Juga

Sebelumnya, Astrid pernah membawakan lagu religi berjudul "Semua Karena Allah" rilisan 2011 yang berkolaborasi dengan Dide dari band Hijau Daun. Sementara, lagu "Lillahi Ta'ala" menandai pertama kalinya dia berkolaborasi dengan Budjana yang merupakan gitaris band Gigi.

Astrid mengaku tak menyangka ketika mendapat tawaran dari Budjana. Terlibat pula Lemmy Ibrahim (Lemmon Music) yang menulis lirik sekaligus menjadi produser eksekutif pembuatan single. Begitu mendapat tawaran, Astrid langsung menyatakan setuju.

Padahal, kala itu Astrid belum mengetahui secara persis lagu yang akan dia bawakan. Begitu mendapat kiriman aransemen musik dari Budjana dan kiriman lirik lagu dari Lemmy, awalnya Astrid hanya mampu terbengong. Sebab, menurutnya karya itu sangat apik.

Bahkan, Astrid mengatakan kepada Budjana untuk menggarap lagu dalam versi instrumental saja. Namun, Budjana dan Lemmy sepakat bahwa karakter vokal Astrid yang khas memberikan sentuhan pas untuk lagu religi Islami tersebut.

Proses pembuatan lagu berlangsung setahun silam, tepatnya pada Maret 2022. Karena penggarapan lagu masih di periode merebaknya pandemi Covid-19, baik Astrid, Lemmy, maupun Budjana berkirim materi lagu via daring. Saat rekaman, barulah mereka berjumpa.

Lagu "Lillahi Ta'ala" berkisah tentang seorang hamba yang berserah diri kepada Allah SWT. Dengan pesan yang cukup sakral beserta penggalan lirik berbahasa Arab, Astrid berusaha keras supaya pengucapan liriknya tepat. Dia memperhatikan semua dengan mendetail.

"Ini karya yang sangat bagus.Temanya bagus untuk direnungkan. Saya sendiri saat mendengarkan terbawa. Sebuah lagu religi, dihadirkan pada momen yang pas, sebentar lagi puasa. Mudah-mudahan menyambut Ramadhan jadi lebih baik dengan mendengarkan lagu ini," kata Astrid.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement