Ahad 26 Feb 2023 14:42 WIB

Trik Simpel Goreng Telur Mata Sapi, Bagian Kuningnya Nggak Berantakan

Telur mata sapi bagian kuningnya sering pecah saat dibalik.

Rep: Gumanti Awaliyah, Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Telur mata sapi. Seorang personal trainer yang juga ahli nutrisi membagikan tips membuat telur mata sapi yang sempurna, bagian kuningnya tidak pecah.
Foto:

Trik tersebut muncul setelah viralnya trik membalikkan telur goreng tanpa memecahkan kuningnya dari seorang chef bernama Brooke. Lewat unggahan di akun TikTok @mealsandmunchies, Brooke pertama-tama menambahkan margarin di atas wajan lalu memecahkan telur dengan hati-hati ke dalamnya agar kuning telur tidak pecah.

Brooke lalu menutup wajan. Setelah beberapa saat, bagian bawah telur tampak sudah matang, namun bagian atasnya masih tampak mentah.

Alih-alih langsung membalik telur dengan spatula, Brooke mengambil penutup wajan di tangan kirinya dengan bagian dalam penutup menghadap ke atas. Di tangan kanannya, Brooke memegang wajan berisi telur mata sapi yang dia goyang-goyangkan secara perlahan agar telur tersebut berpindah ke penutup panci.

Selanjutnya, Brooke memosisikan wajan secara terbalik hingga menempel dengan penutup wajan. Berikutnya, Brooke kembali membalik wajan dan penutupnya, sehingga penutup berada di atas dan wajan berada di bawah.

Dengan trik ini, telur mata sapi Brooke tampak sudah terbalik di dalam wajan dalam kondisi utuh. Telur goreng pun matang dan kuning telurnya tidak pecah.

Lalu, cara kedua, Brooke melakukannya dengan memecahkan satu butir telur ke atas wajan yang sudah dipanaskan. Dia kemudian membalikkan telur dengan spatula sambil memiringkan posisi wajan. Telur itu berhasil terbalik dengan sempurna tanpa membuat kuning telur pecah atau rusak sama sekali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement