Jumat 10 Mar 2023 19:29 WIB

Trik Mudah Karamelisasi Bawang Bombai, tidak Pakai Gula!

Gula tidak dibutuhkan dalam proses karamelisasi bawang bombai.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
 Bawang bombai (ilustrasi). Untuk membuat bawang bombai terkaramelisasi, masak dengan api kecil.
Foto: www.pixabay.com
Bawang bombai (ilustrasi). Untuk membuat bawang bombai terkaramelisasi, masak dengan api kecil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bawang bombai yang terkaramelisasi sangat cocok untuk melengkapi beragam hidangan lezat, seperti burger hingga sup bawang ala Prancis. Namun, teknik karamelisasi yang kurang tepat bisa membuat bawang bombai mengeluarkan rasa yang pahit.

Chef Joao Victor Gomez membagikan sebuah tips karamelisasi bawang bombai ala chef bintang Michelin hanya dalam waktu 30 menit. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengiris bawang bombai dan menumisnya di wajan.

Baca Juga

Proses menumis ini perlu dilakukan dengan api yang kecil. Setelah wajan dipanaskan, masukkan irisan bawang bombai beserta dengan satu sendok makan mentega.

Selama proses karamelisasi, garam dan daun timi bisa ikut dimasukkan ke dalam wajan untuk menambah rasa. Selain itu, penambahan garam juga dapat membantu mengeluarkan air dari bawang bombai.

Selanjutnya, chef Gomez menganjurkan agar bawang bombay diaduk-aduk setiap beberapa menit. Hal ini dilakukan untuk memastikan bawang bombai tidak menempel di wajan atau menjadi terlalu matang hanya di satu sisi.

Setelah 20 menit, bawang bombai akan terlihat berubah warna dan terkaramelisasi. Namun, bila menginginkan tekstur yang lebih lembut dan lebih terkaramelisasi, proses memasak bisa dilanjutkan selama 10-15 menit.

Trik karamelisasi bawang bombai lain turut dibagikan oleh chef Ziad melalui akun TikTok pribadinya. Dalam videonya, chef Ziad menyoroti beberapa kesalahan umum yang kerap dilakukan orang-orang ketika mengkaramelisasi bawang bombai.

Salah satu kesalahan umum yang perlu dihindari adalah menambahkan gula saat memasak bawang bombai. Penambahan gula tak diperlukan karena bawang bombai akan mengeluarkan gula alaminya ketika dimasak secara perlahan. Penambahan gula pasir hanya akan membuat bawang bombai memiliki rasa yang terlalu manis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement