Sabtu 30 Dec 2023 12:05 WIB

Masuk Kulkas, Bahan Makanan Ini Malah Jadi ‘Beracun’

Bahan makanan harus disimpan dengan benar, tak selalu harus di kulkas.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Menyimpan bahan makanan di kulkas (Ilustrasi). Tak semua bahan makanan aman disimpan di kulkas.
Foto: PickPik
Menyimpan bahan makanan di kulkas (Ilustrasi). Tak semua bahan makanan aman disimpan di kulkas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kulkas telah berperan sebagai tempat yang aman bagi banyak bahan makanan. Meskipun banyak orang suka menyimpan sebagian besar belanjaannya di lemari pendingin, ada beberapa makanan yang mudah rusak dan tidak boleh disimpan dalam kulkas karena cenderung berjamur.

 

Baca Juga

Dikutip dari Indian Express, Jumat (29/12/2023), menurut ahli kesehatan usus dr Dimple Jangda, ada beberapa makanan yang menjadi "beracun" saat didinginkan. Apa saja bahan makanan tersebut?

1. Bawang putih

Jangan pernah membeli bawang putih yang sudah dikupas dan menyimpannya di lemari es. Sebab, bawang putih akan cepat terkena jamur.

"Jamur bawang putih telah dikaitkan dengan kanker," kata dr Jangda.

Dokter Jangda merekomendasikan untuk membeli bawang putih segar yang masih berkulit. Kupas sesaat menjelang masak.

"Selalu simpan bawang putih di luar lemari es," kata dr Jangda.

Dokter konsultan senior Rumah Sakit Yashoda, Hyderabad, dr Dilip Gude, tidak sepakat dengan dr Jangda yang pakar ayurveda. Dia mencatat bahwa perkembangan kanker tidak ada kaitannya dengan konsumsi bawang putih yang disimpan di kulkas.

2. Bawang bombai

Bawang bombai merupakan tanaman yang tahan terhadap suhu rendah. "Saat mendinginkannya, pati mulai berubah menjadi gula dan bawang bombai mulai berjamur," kata dr Jangda.

Banyak orang melakukan kesalahan dengan memotong separuh bawang bombai, memasaknya, dan menyimpan separuh lainnya di lemari es. "Jangan pernah melakukan itu. Cara itu justru mengumpulkan semua bakteri tidak sehat dari kulkas dan mengembang biakkan jamur," kata dr Jangda.

3. Jahe

Menurut dr Jangda, jamur mulai berkembang dengan sangat cepat ketika jahe disimpan di kulkas. Hal ini dikaitkan dengan kegagalan ginjal dan hati. Sebaiknya, jangan mendinginkannya.

4. Nasi

Banyak orang menyimpan nasi di lemari es karena resisten terhadap pati. Menurut mereka, nasi dingin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

"Padahal, nasi merupakan salah satu bahan yang paling cepat terserang jamur. Kalau mau didinginkan, jangan lebih dari 24 jam," kata dr Jangda.

 

Dokter Gude sependapat. Dia mengatakan, nasi yang dimasak tidak boleh disimpan di kulkas lebih dari 24 jam karena dapat memfasilitasi pertumbuhan bakteri dan jamur.

"Makan nasi yang dipanaskan kembali dapat menyebabkan keracunan makanan dengan Bacillus cereus, dan lainnya," kata dr Gude.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement