Selasa 17 Jan 2023 20:32 WIB

Nggak Mau Banjir Air Mata Saat Iris Bawang Bombai? Simak 6 Trik Ini, Sudah Teruji!

Ketika mengiris bawang bombai, orang biasanya bercucuran air mata.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Bawang bombai. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghindari cucuran air mata saat mengiris bawang bombai.
Foto: pixabay
Bawang bombai. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghindari cucuran air mata saat mengiris bawang bombai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bawang bombai adalah salah satu bumbu dapur yang digunakan di banyak hidangan. Hanya saja, saat mengirisnya menjadi bentuk dadu atau memanjang, mata Anda bisa tiba-tiba bisa membengkak dan terasa terbakar.

Saat bawang bombai dipotong, enzim yang disebut alliinases dilepaskan dari sel yang rusak. Secara bersamaan, sebuah gas dilepaskan yang bergerak melalui udara dan mengiritasi selaput mata.

Baca Juga

"Begitu gas itu menyentuh permukaan mata, tubuh akan bereaksi dengan menciptakan air mata untuk mengeluarkan gas dari mata," jelas chef Julie Andrews, dilansir laman Express, Selasa (17/1/2023).

Tentunya, tidak semua bawang bombai sama kuatnya dalam memancing air mata. Bawang manis (sweet onion) atau daun bawang mengandung lebih sedikit belerang daripada bawang putih atau bawang merah tradisional, sehingga reaksi yang ditimbulkan kecil.

Untuk dapat mengurangi reaksi air mata, berikut ini beberapa cara memotong bawang yang telah dicoba dan diuji.

Potong bawang bombai di bawah cooker hood

Aliran udara dapat membuat perbedaan besar. Chef Julie mengatakan memotong bawang bombai di area yang berventilasi baik, seperti di bawah cooker hood, berarti akan membuat lebih sedikit gas yang bersentuhan dengan mata Anda.

Pastikan udaranya bertiup ke bawah dan tidak menyedot udara ke atas. Anda juga dapat mencoba membuka jendela dan membiarkan angin sepoi-sepoi masuk untuk menyebarkan gas di udara.

Gunakan pisau yang tajam

Menggunakan pisau tajam menyebabkan lebih sedikit kerusakan pada daging bawang bombai sehingga mengurangi jumlah gas yang dilepaskan. Pisau tumpul, di sisi lain, dapat mempersulit pengirisan  bawang bombai menjadi bentuk dadu serta meningkatkan waktu yang Anda habiskan di sekitar gas pemicu air mata.

Dinginkan bawang sebelum dipotong

Jika Anda biasa menyimpan bawang bombai di lemari, pertimbangkan untuk memasukkan satu atau dua butir bawang yang akan ditambahkan ke hidangan ke dalam lemari es beberapa jam sebelumnya. Reaksi kimia akan melambat di bawah suhu yang lebih dingin sehingga bawang bombai yang dingin akan melepaskan lebih sedikit belerang saat dicincang.

Anda dapat membekukan bawang bombai selama 10 hingga 15 menit jika waktu terbatas. Simpan dalam mangkuk berisi air yang sangat dingin saat Anda mengirisnya. Ini juga dapat menghentikan pelepasan gas ke udara.

Biarkan akarnya

Saat memotong bawang bombai, pastikan untuk membiarkan akarnya. Ujung akar bawang bombai yang kasar diduga adalah tempat terkonsentrasinya sebagian besar enzim dan molekul. Jadi jika Anda membiarkan akar tetap utuh saat memotong bawang bombai, mungkin akan ada lebih sedikit air mata yang keluar.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement