Sabtu 01 Apr 2023 21:56 WIB

Bawang dan Kentang Sebaiknya tak Disimpan Bersebelahan, Ini Alasannya

Ada yang menyimpan bawang di lemari es, namun ada juga yang memilih tempat biasa.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Kentang dan bawang (ilustrasi). Menyimpan bawang sebaiknya tidak diletakkan di samping kentang.
Foto: www.freepik.com
Kentang dan bawang (ilustrasi). Menyimpan bawang sebaiknya tidak diletakkan di samping kentang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda masih bingung di mana sebaiknya menyimpan bawang? Sebagian dari Anda mungkin menyimpannya di lemari es, namun sebagiannya lagi memilih menempatkannya di tempat biasa. Lantas mana yang terbaik?

Jika bawang Anda masih utuh, para ahli menyarankan sebaiknya simpan di tempat yang sejuk, gelap, dan kering untuk memastikannya tetap segar dan umurnya lebih panjang. Ahli di KJ Refrigeration mengatakan, bawang bombai dikenal mudah menyerap kelembapan. Jadi jika Anda meletakkannya di kondisi lembap, kemungkinan besar akan rusak.

Baca Juga

“Untuk bawang merah, pastikan berada di area dengan sirkulasi udara yang baik agar tidak berjamur,” kata perusahaan jasa AC dan kulkas di Inggris itu dilansir laman Huffpost, Sabtu (1/4/2023).

Badan Standar Makanan (FSA) di Inggris setuju bahwa bawang bombai, bawang merah, dan bawang putih sebaiknya disimpan di tempat biasa. Namun, jika sudah diiris dan dipotong dadu, masukkan ke dalam lemari es dalam wadah kedap udara dan pastikan Anda menggunakannya dalam beberapa hari ke depan.

 

Anda juga bisa menempatkan tisu makan untuk menyerap kelembapan berlebih. Setelah dipotong, bawang lebih mungkin terkontaminasi jika Anda membiarkannya di tempat terbuka. Jadi, memasukkan bawang ke dalam lemari es membuatnya tidak mudah terkontaminasi.

KJ Refrigeration juga menyampaikan tips penting yaitu jangan pernah menyimpan bawang di samping kentang. Pakar pendingin dan penyejuk udara itu mengatakan, bawang mengeluarkan gas yang disebut etilen yang mempercepat proses pematangan. Gas ini juga ditemukan pada makanan lain seperti apel dan tomat.

“Jika bawang dan kentang disimpan bersebelahan, kentang bisa bertunas dan busuk sebelum waktunya,” ujar KJ Refrigeration.

Perusahaan itu mengatakan, kentang juga memiliki tingkat kelembapan yang tinggi sehingga bawang bisa menjadi lembek. Karena itu, kedua bahan tersebut harus disimpan berjauhan satu sama lain.

FSA memperbarui pedomannya pada 2022. FSA merekomendasikan untuk memasukkan kentang ke dalam lemari es agar tahan lebih lama.

FSA menulis, Anda dapat membekukan kentang yang dimasak atau setengah matang yang telah direbus selama lima menit. Kentang masak sisa juga bisa dibekukan.

Anda bisa memanggang kentang rebus langsung dari freezer, pastikan kentangnya benar-benar panas. Masukkan ke dalam oven dengan sedikit minyak agar garing. Data dari Waste & Resources Action Programme (WRAP) menemukan kentang yang didinginkan bisa bertahan lebih dari tiga kali lebih lama dibandingkan saat disimpan di dalam lemari.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement