Jumat 17 Mar 2023 16:32 WIB

Youtuber Kuliner Sebut Cara Potong Bawang Bombainya Paling Benar, yang Lain Salah

Kebanyakan orang membelah bawang bombai menjadi dua, lalu mengiris-irisnya memanjang.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Potongan bawang bombai. Salah seorang Youtuber dan praktisi kuliner menganggap cara memotong bawang bombainya yang paling benar (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Potongan bawang bombai. Salah seorang Youtuber dan praktisi kuliner menganggap cara memotong bawang bombainya yang paling benar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Praktisi kuliner yang terkenal lewat Youtube, Joshua Weissman, mengungkapkan metode memotong bawang bombai yang menurutnya profesional. Weissman membagikan tipsnya itu melalui akun @flakeysalt di media sosial Tiktok.

"Kurasa kalian semua selama ini memotong bawang dengan cara yang salah," ujar Weissman mengawali videonya. Dia kemudian memeragakan cara memotong bawang yang lazim dilakukan, yaitu mulai dari memotong bagian atas bawang bombai.

Baca Juga

Kemudian, kebanyakan orang membelah bawang bombai menjadi dua, lalu mengiris-irisnya memanjang. Cara "orang awam" biasanya dilanjutkan mengiris bawang dengan arah berbeda hingga seluruh bawang bombai menjadi bagian lebih kecil.

Sebenarnya, tidak mengapa juga memotong bawang seperti itu, tapi Weissman menyebutnya bukan cara kerja para profesional. Weissman menyarankan cara berbeda guna mendapatkan irisan bawang bombai dengan ukuran merata dan bentuk kubus sempurna.

Saran Weissman adalah memotong kedua ujung bawang, buang semua kulitnya, lalu belah menjadi dua. Pisahkan setiap lapisan bawang bombai, baru kemudian iris setiap bagian dengan arah memanjang. Langkah berikutnya, iris bawang bombai dengan cara berlawanan.

Potongan bawang dengan kubus kecil yang sempurna pun bisa didapat. Weissman mengakui bahwa cara itu membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari metode normal. "Tetapi ini adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan potongan bawang sebagus ini," kata Weissman.

Video yang dia unggah sudah disukai oleh lebih dari 1,1 juta pengguna TikTok lain. Namun, tidak semua orang setuju dengan tips dari kreator konten itu. "Aku akan kehabisan air mata pada lapisan ketiga," kata seorang warganet.

Ada pula juru masak profesional yang menyampaikan ketidaksetujuan. "Sebagai seseorang yang memasak di restoran mewah selama beberapa tahun, saya tidak pernah melakukan ini," kata orang tersebut, dikutip dari laman Huffington Post, Jumat (17/3/2023).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement