Senin 09 Jan 2023 12:02 WIB

Cara Menggoreng Telur Mata Sapi Pinggiran Renyah, Kuningnya Tetap Setengah Matang

Chef bagikan trik goreng telur mata sapi setengah matang dengan pinggiran renyah.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Telur mata sapi. Tak semua orang piawai membuat telur mata sapi dengan kuning yang setengah matang, namun bagian putihnya matang sempurna.
Foto: Flickr
Telur mata sapi. Tak semua orang piawai membuat telur mata sapi dengan kuning yang setengah matang, namun bagian putihnya matang sempurna.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telur menjadi salah satu menu favorit, baik untuk sarapan maupun makan siang atau malam. Salah satu menu telur yang banyak disukai adalah telur mata sapi.

Bagaimana cara membuat telur mata sapi dengan kuning telur setengah matang dan pinggiran yang renyah? Chef Hailee membagikan tips membuatnya.

Baca Juga

Chef Hailee mengunggah resepnya di akun TikTok @cafehailee di mana dia memiliki 1,7 juta pengikut, dan akun Instagram-nya @cafehailee. Dia menunjukkan cara terbaik dan termudah untuk membuat telur mata sapi renyah dengan pinggiran putih telur yang berwarna cokelat dan kuning telur yang encer.

"Untuk menunjukkan betapa serbagunanya metode ini, saya akan membuatnya dalam wajan antilengket dan baja tahan karat," ujar Hailee yang telah jebolan di sekolah kuliner dan telah memasak di restoran selama bertahun-tahun.

"Caranya, letakkan wajan di atas api sedang dengan minyak zaitun yang banyak lalu biarkan sampai panas," ungkapnya.

Hailee kemudian memecahkan telur ke dalam cangkir terlebih dahulu sebelum dimasak. "Lalu, begitu minyaknya sudah siap, panas dan berkilauan, silakan memasukkan telurnya. Telurnya akan menggelembung sedikit. Jadi, berhati-hatilah," ujarnya dalam video tersebut.

Hailee kemudian merinci cara memasak putih telur tanpa membaliknya. "Sebuah trik kecil yang saya suka lakukan adalah menekan-nekan bagian putih tebal yang paling dekat dengan kuning telur," kata Hailee.

Menurut Hailee, hal ini membantu memastikan bahwa putih matang dan tidak ada putih telur yang tidak termasak sempurna. Biarkan telur matang dengan api sedang sampai terlihat bagus, renyah, dan telur terlepas dari wajan

Hailee juga memberikan tips dengan menuangkan minyak panas ke atas putih telur agar matang sempurna. Ini juga untuk memastikan bagian putih telurnya bisa terlepas dari wajan. Saat telur terlepas dari wajan, itu artinya telur sudah siap untuk diangkat.

"Seperti yang Anda lihat, cara ini berhasil, baik di wajan antilengket maupun baja tahan karat."

Bagaimana Hailee membumbui telurnya? Dia mengaku lebih suka membumbui telur setelah matang.

"Jadi saya hanya menambahkan sedikit garam dan merica dan Anda akan mendapatkan telur renyah yang digoreng dengan kuning telur yang encer."

Pengikut Hailee memuji resepnya. Mereka berkata: "Loveeeee, bagian renyah favorit saya! dan mengapa saya tidak pernah berpikir untuk menekan-nekan putih telurnya!? Luar biasa!"

Yang lain menulis, "OMG, ini terlihat sangat bagus. Saya akan mencobanya besok," ujarnya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement