Sabtu 07 Jan 2023 11:40 WIB

Cara Mudah Mengupas Telur Rebus

Cara ini lebih cepat daripada mengupas cangkangnya sedikit demi sedikit dengan kuku.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Telur rebus dapat dikupas dengan lebih mudah (ilustrasi).
Telur rebus dapat dikupas dengan lebih mudah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sering kesulitan saat mengupas telur rebus? Jangan kesal dulu. Untuk urusan mengupas telur rebus dengan mudah, semua orang mungkin memiliki cara masing-masing yang beragam.

Misalnya saja, mengupas telur bisa dilakukan di bawah air mengalir, dengan merendam telur rebus terlebih dahulu di air dingin, atau mengupasnya di dalam air. Jika ingin kulitnya lebih mudah dikupas, bisa juga dengan mengukus telur lantaran suhu memasaknya yang lebih tinggi.

Baca Juga

Bagi yang lebih suka memasak telur dengan metode perebusan standar, ada metode yang tidak terlalu konvensional, namun efektif. Cara ini lebih cepat daripada mengupas cangkangnya sedikit demi sedikit dengan kuku.

Metode yang dimaksud membutuhkan sebuah gelas kaca dengan diameter "mulut" yang tidak terlalu lebar. Setidaknya, "mulut" gelas harus bisa ditutup dengan satu telapak tangan. Jika gelas sudah siap, masukkan telur rebus ke dalamnya.

Isi gelas dengan air hingga setengah bagian, lalu tutup "mulut" gelas dengan telapak tangan. Goyangkan gelas dari kiri ke kanan dengan agak kencang sampai seluruh kulit telur retak dan mengupasnya pun jadi sangat mudah.

Pastikan untuk memilih gelas dengan "mulut" sempit agar tangan tidak basah kuyup atau air menciprat dengan liar. Mungkin diperlukan lebih dari satu kali percobaan, atau perlu mengisi ulang gelas dengan air. Namun, begitu telur pecah di dalam air di gelas kaca, kulitnya bisa dilepaskan dengan gampang secara keseluruhan, dikutip dari laman Mashed, Sabtu (7/1/2023).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement