Selasa 02 Aug 2022 18:25 WIB

Camilan Sehat yang Bisa Bikin Metabolisme Tubuh Lebih Cepat

Semakin cepat metabolisme bekerja, semakin banyak kalori yang Anda bakar.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti
Camilan sehat yang dapat memperepat metabolisme. (ilustrasi)
Foto: PxHere
Camilan sehat yang dapat memperepat metabolisme. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Metabolisme tubuh Anda bisa sangat rumit. Metabolisme mengalami pasang surut, tetapi seberapa cepat ia menghasilkan energi  tergantung pada makanan yang dikonsumsi untuk mengisinya.

Melansir dari Eat This Not That pada Selasa (2/8/2022), pada dasarnya, proses metabolisme adalah kemampuan tubuh untuk mengambil makanan yang Anda makan pada siang hari dan memecahnya menjadi energi. Semakin cepat metabolisme bekerja, semakin banyak kalori yang Anda bakar saat istirahat dan semakin banyak energi yang Anda miliki untuk terus berjalan 24 jam sehari.

Baca Juga

Berikut enam camilan terbaik untuk membantu mempercepat metabolisme:

1. Keju dan biskuit

 

Pada sore hari ketika rencana makan malam Anda belum padat, makan sedikit camilan sementara dapat membantu mempercepat metabolisme dengan cara yang mudah dan lezat. Keju dan biskuit bisa menjadi camilan di antara waktu makan, karena keju mengandung kandungan protein tinggi untuk membantu menahan Anda sampai waktu makan malam.

Setiap orang membutuhkan camilan antara makan siang dan makan malam untuk membantu menjaga tingkat energi dan mencegah Anda merasa lapar saat makan malam. Tetapi yang lebih penting, metabolisme akan berkembang lebih baik jika memilih camilan Anda dengan protein. Camilan yang memiliki sumber protein yang baik memiliki waktu pencernaan yang lebih lama, yang berarti Anda lebih cepat kenyang dan tetap kenyang lebih lama.

2. Telur rebus dan granola 

Terkadang Anda hanya perlu mengambil camilan yang mudah dan tersedia. Kombinasi telur rebus dan granola bar gandum utuh sederhana, tetapi mengandung banyak serat dan protein, yang meningkatkan sistem pembakaran kalori.

Seperti keju, telur berfungsi sebagai sumber protein kuat lainnya untuk membantu Anda meningkatkan tingkat energi. Namun, serat makanan dalam granola bar gandum bisa mendukung penyerapan karbohidrat yang lebih lambat, yang dapat memaksa metabolisme untuk terus membakar kalori dan memompa energi ke tubuh untuk jangka waktu yang lebih lama.

3. Dendeng sapi dan pisang

Dendeng merupakan cara mudah untuk mendorong metabolisme Anda, berkat kandungan proteinnya yang tinggi. Dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak, dibutuhkan waktu paling lama untuk terurai.

Selain beberapa potong dendeng gurih, pisang juga bisa berperan dalam mempercepat metabolisme tubuh. Buah yang populer ini kaya akan potasium dan serat yang dapat dengan mudah memengaruhi fungsi metabolisme tubuh.  

Beberapa penelitian mengaitkan berat badan keseluruhan yang lebih rendah dengan asupan serat yang tinggi. Fakta bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak makanan berserat merasa lebih puas dan cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori karena nutrisi membutuhkan waktu untuk dicerna dan dimetabolisme.

4. Buah, yogurt, dan kacang-kacangan

Jika Anda sarapan pada pagi hari, camilan tengah hari yang menyegarkan dapat membuat Anda kenyang sampai makan siang tiba. Tidak makan selama berjam-jam dapat memperlambat metabolisme Anda. Mengambil semangkuk yogurt dengan beberapa topping seperti buah dan kacang dapat membantu memastikan Anda mendapatkan energi yang Anda butuhkan.

5. Apel dengan selai kacang

Apel dan selai kacang adalah kombinasi makanan ringan yang dibuat di surga, menawarkan crunch yang manis dan menyegarkan secara alami dikombinasikan dengan krim yang hangat dan gurih.

Selai kacang memiliki lemak dan protein sehat yang akan mencegah rasa lapar dan mencegah metabolisme menurun. Sementara apel adalah piliham baik karena mampu memasok serat yang tinggi untuk menjaga metabolisme karbohidrat yang baik.

Beberapa penelitian juga menunjukkan apel meningkatkan metabolisme lipid yang merupakan kemampuan tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi. Dengan mencampurkan apel dan selai kacang, Anda akan merasa kenyang lebih lama dan mendorong pencernaan dan distribusi energi yang lebih baik dari lemak.

6. Sayuran segar

Ini adalah camilan mudah lainnya setelah makan siang atau sebelum makan malam yang dapat membuat Anda tetap puas. Seperti apel dan selai kacang, sayuran segar saling melengkapi dengan cara yang sangat bermanfaat jika Anda mencoba mempercepat metabolisme.

Karbohidrat membutuhkan metabolisme untuk mempercepat perubahan nutrisi menjadi energi segera. Namun lemak dan protein yang sehat akan memaksa metabolisme untuk menjaga kecepatan itu untuk jangka waktu yang lebih lama.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement