Sabtu 30 Oct 2021 12:28 WIB

6 Kesalahan dalam Menggoreng Dada Ayam

Cara menggoreng dada ayam akan menentukan cita rasanya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Potongan dada ayam. Cita rasa dada ayam menjadi kurang menggugah selera kalau salah membumbui dan menggorengnya.
Foto: gettyimages
Potongan dada ayam. Cita rasa dada ayam menjadi kurang menggugah selera kalau salah membumbui dan menggorengnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dada ayam merupakan salah satu protein hewani tanpa lemak yang bergizi dan menyehatkan. Bila digoreng dengan benar, dada ayam akan terasa juicy.

Akan tetapi, chef Yasmeen Alsawwaf mengatakan ada beberapa kesalahan memasak dada ayam yang masih cukup sering dilakukan banyak orang. Itulah yang membuat cita rasa dada ayam menjadi kurang menggugah selera.

Baca Juga

Setidaknya, ada enam kesalahan cara menggoreng dada ayam yang perlu dihindari, menurut chef Yasmeen. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip dari Eat This, Sabtu.

Tidak mengeringkan dan membumbui

Membumbui dada ayam setelah matang hanya akan membuat garam atau bumbu yang digunakan menempel di permukaan dagingnya saja. Akibatnya, bagian dalam dada ayam akan terasa hambar dan tak enak dimakan.

Chef Yasmeen menganjurkan agar dada ayam dikeringkan dan dibumbui beberapa saat sebelum dimasakan. Bisa pakai garam dan lada, rempah-rempah, hingga rendaman marinasi.

Memasak di wajan dingin atau terlalu kecil

Kunci penting dalam menggoreng dada ayam adalah memakai panas yang tinggi. Ini penting untuk mengunci kelembapan di dalam daging.

Bila memulai masak dengan wajan yang dingin, butuh waktu yang lebih lama untuk membuat dada ayam matang dan menjadi kecokelatan. Alhasil, daging akan terasa kering karena dimasak dalam waktu lebih lama dari seharusnya.

Memasak dada ayam di wajan yang terlalu kecil juga sebaiknya dihindari. Cara ini dapat membuat dada ayam tak bisa meraih warna kecokelatan yang sempurna.

Membolak-balikkan dada ayam

Chef Yasmeen mengatakan, penting untuk menggoreng ayam dengan matang secepat mungkin agar sari ayam tetap terjaga di dalamnya. Hindari menggoyang-goyangkan atau membolak-balik dada ayam terlalu sering ketika sedang memasak.

Biarkan dada ayam dimasak pada satu sisi hingga kecokelatan. Setelahnya, balik agar sisi lainnya bisa matang sempurna.

"Membalikkan dada ayam beberapa kali selama proses memasak akan mengganggu panas di wajan karena setiap kali Anda membalikkan daging ke sisi lainnya, panas wajan akan turun sedikit," ungkap chef Yasmeen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement