Ahad 19 Feb 2023 15:00 WIB

Masih Suka Nge-Vape? Lima Bahaya Tersembunyi Ini Perlu Anda Ketahui

Awalnya, pemakaian vape dianggap sebagai alternatif yang aman dari rokok tembakau.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Aneka varian cairan rokok elektrik (vape). Ada sejumlah bahaya tersembunyi yang mengintai pengguna vape.
Foto:

4. Penyakit jantung

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa pemakaian rokok elektrik dapat merusak pembuluh darah seperti halnya merokok konvensional. Pembuluh darah memainkan peran besar dalam menjaga kesehatan jantung.

Ketika rusak, itu dapat meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung.

5. Asma

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2021 mengungkap bahwa pengguna rokok elektrik lebih mungkin mengembangkan asma dibandingkan orang yang bukan pengguna vape. Terungkap juga apabila seseorang sudah mengidap asma sebelumnya, kemungkinan kondisinya akan memburuk.

Dengan semua risiko itu, Patel menyarankan untuk berhenti menggunakan vape. Meskipun begitu, dia sadar itu mungkin sulit bagi sebagian orang sebab rokok tembakau konvensional maupun rokok elektrik sama-sama mengandung nikotin yang merupakan zat adiktif.

Sukar belum tentu mustahil. Ada beberapa cara berhenti memakai vape yang bisa dicoba, termasuk berolahraga dan menyibukkan diri dengan hobi. Keduanya membuat tubuh dan pikiran tetap aktif dan memfokuskan perhatian pada kegiatan lain.

"Semakin sibuk pikiran Anda, semakin kecil kemungkinan Anda menginginkan nikotin," ungkap Patel, dikutip dari laman Express, Ahad (19/2/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement