Selasa 14 Feb 2023 18:36 WIB

Andy Lau Minum 20 Cangkir Kopi Sehari, Termasuk Sebelum Tidur, Apa Dampak Negatifnya?

Andy Lau memanfaatkan kafein dari kopi untuk membuatnya merasa berenergi.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor asal Hong Kong Andy Lau. Bintang yang dikenal sebagai Heavenly Kings of Cantopop itu mengatakan suka meminum kopi sebelum tidur.
Foto:

Batas asupan kafein

Mayo Clinic AS mengatakan hingga 400 miligram (mg) kafein sehari tampaknya aman untuk kebanyakan orang dewasa yang sehat. Itu kira-kira jumlah kafein dalam empat cangkir kopi seduh, 10 kaleng cola, atau dua minuman penambah energi.

Efek kafein pada pikiran dan tubuh berbeda untuk setiap orang. Meskipun kopi memiliki sejumlah kelebihan daripada minuman pagi lainnya, dosis tinggi kafein dapat menimbulkan efek samping yang tidak menyenangkan, seperti kecemasan, sakit kepala, dan kegugupan.

Studi menemukan bahwa asupan kafein yang lebih tinggi juga dapat meningkatkan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk tertidur. Ini juga dapat mengurangi waktu tidur total.

Lau bukan satu-satunya selebritas yang dikenal karena kecintaannya pada kopi. Aktor Australia, Hugh Jackman, yang terkenal lewat The Wolverine dan Logan bahkan sampai mendirikan perusahaan kopi, Laughing Man.

Bintang film laga Jackie Chan juga terjun ke bisnis biji kopi. Pada 2006, Chan meluncurkan rantai kedai kopi bermereknya sendiri di Asia, yang pertama di Filipina. Sementara itu, penyanyi AS Taylor Swift diketahui minum beberapa cangkir grande karamel non-fat latte Starbucks setiap harinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement