Rabu 01 Feb 2023 18:04 WIB

Tanda Kanker Masih Stadium 0, Bisa Jadi Ganas Jika tak Diobati

Pada stadium 0, kanker dapat berhasil diobati dengan pengobatan yang efektif.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Tanda kanker masih stadium 0. Bisa menjadi ganas jika tak diobati. (ilustrasi)
Foto: picpedia.org
Tanda kanker masih stadium 0. Bisa menjadi ganas jika tak diobati. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker menjadi salah satu penyakit kronis yang paling mematikan di dunia. Namun, jika dideteksi lebih dini, peluang untuk bertahan hidup bisa meningkat secara signifikan sehingga pasien bisa mengharapkan kualitas hidup lebih baik. 

Ada beberapa stadium kanker yang berbeda dan setiap stadium menunjukkan seberapa jauh kanker telah tumbuh atau berkembang ke jaringan di dekatnya. Kanker stadium 0 adalah stadium prakanker, yaitu ketika sel-sel abnormal yang tampak seperti kanker ditemukan di tempat asalnya dan belum menjadi kanker. Namun, sel-sel tersebut dapat menjadi ganas pada suatu saat. 

Baca Juga

Pada stadium 0, kanker dapat berhasil diobati dengan pengobatan yang efektif. Menurut National Cancer Institute, tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk kanker stadium 0 yang terlokalisasi adalah 99 persen.

Konsultan onkologi medis di Apollo Cancer Centers India, dr Tejinder Singh menjelaskan bahwa kanker stadium 0 juga dikenal sebagai karsinoma in situ. Ini merupakan kanker yang terbatas pada satu area dan belum menyebar ke bagian tubuh lainnya. 

Kanker stadium 0 adalah bentuk kanker yang paling awal. Jika terdeteksi sejak dini, sering kali dapat disembuhkan dengan pengobatan minimal. Penting untuk diingat bahwa meskipun disebut kanker, namun tidak selalu melibatkan tumor ganas. 

"Ini adalah kondisi prakanker, yang berarti ada sel-sel abnormal yang berpotensi menjadi kanker. Sel-sel ini mungkin saja tetap berada di dalam tubuh selama beberapa waktu sebelum berkembang menjadi kanker," kata dr Singh seperti dikutip dari Hindustan Times, Rabu (1/2/2023).

Tanda-tanda peringatan kanker stadium 0 meliputi terdapat benjolan yang tidak kunjung sembuh, perubahan kulit seperti luka yang tidak kunjung sembuh atau tahi lalat yang berubah. Bisa juga berupa pendarahan vagina yang tidak normal, keluarnya cairan yang tidak biasa dari puting payudara, kesulitan menelan, hingga perubahan pada kandung kemih atau kebiasaan buang air besar.

Dr Singh menjelaskan, kanker stadium 0 sangat dapat diobati. Jika didiagnosis dan diobati sejak dini, tingkat kelangsungan hidup bisa sangat baik.

"Faktanya, menurut National Cancer Institute, tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk kanker stadium 0 yang terlokalisasi adalah 99 persen. Ini berarti 99 persen orang yang didiagnosis dengan kanker stadium 0 akan hidup lima tahun setelah diagnosis," kata dr Singh.

Pengobatan yang paling umum untuk kanker stadium 0 adalah pembedahan. Ini melibatkan pengangkatan sel kanker dari area yang terkena. Dalam beberapa kasus, jelas dr Singh, terapi hormonal atau terapi radiasi mungkin direkomendasikan untuk menghancurkan sel kanker yang tersisa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement