Rabu 18 Jan 2023 16:29 WIB

Benda di Dapur yang Bisa Memicu Kanker, Masih Banyak yang Belum Tahu

Ada tiga barang yang biasa Anda gunakan di dapur yang terkait dengan kanker.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Benda di dapur yang bisa memicu kanker. (ilustrasi)
Foto: Istimewa
Benda di dapur yang bisa memicu kanker. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian ilmiah mengungkapkan tentang bahaya kesehatan di rumah kita. Ternyata ada tiga barang yang biasa Anda gunakan di dapur yang terkait dengan kanker seperti dilansir laman Eat This Not That, Rabu (18/1/2023). 

Berikut penjelasannya:

Baca Juga

1. Makanan ultraproses

Makanan ultraproses dikaitkan dengan berbagai komplikasi kesehatan. Penelitian sebelumnya menemukan hubungan antara makanan ultraproses dan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan obesitas.

 

Namun, pada Agustus 2022, sebuah studi baru dirilis menunjukkan hubungan yang dikonfirmasi antara makanan ini dan kanker kolorektal, terutama pada pria. Studi yang dipublikasikan di British Medical Journal mengamati tiga kohort besar, termasuk 3.216 kasus kanker kolorektal.

Mereka yang mengonsumsi makanan ultraproses tertinggi memiliki peluang 29 persen lebih tinggi terkena kanker dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi makanan ini dalam jumlah sedikit. Yang cukup menarik, konsumsi daging olahan, makanan laut, dan produk unggas yang lebih tinggi serta soda, ditemukan sebagai penyebab utama peningkatan risiko ini, jika dibandingkan dengan jenis makanan ultraproses lainnya.

Meskipun studi tersebut menilai peserta pria dan wanita, tidak ada hubungan antara makanan ultraproses dan kanker kolorektal yang ditemukan pada wanita. Pengambilan utama dari penelitian ini dapat digunakan sebagai motivasi untuk mencoba memasukkan lebih banyak makanan utuh dan tidak diproses, bahkan makanan nabati ke dalam makanan harian Anda. Ini bukan berarti Anda tidak dapat menikmati makanan olahan favorit sesekali. Namun membatasi konsumsi Anda dapat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan dan berpotensi mengurangi risiko kanker.

2. Pemanis buatan

Penelitian yang dilakukan pada Maret 2022 menemukan kemungkinan adanya hubungan antara pemanis buatan seperti yang digunakan dalam minuman diet dengan peningkatan risiko kanker. Para peneliti menemukan, lebih dari 100 ribu orang dewasa Prancis yang mengonsumsi pemanis buatan ini dalam jumlah tertinggi memiliki risiko 13 persen lebih tinggi terkena kanker.

3. Peralatan masak antilengket

Hubungan antara peralatan masak antilengket dan kesehatan terbukti rumit. Perfluoroalkyl dan polyfluoroalkyl (PFAS) merupakan bahan kimia sintetik yang digunakan dalam barang-barang seperti pakaian tahan air, produk pembersih, dan peralatan masak antilengket. Zat ini dikenal sebagai salah satu katalis teratas untuk sejumlah risiko kesehatan yang terkait dengan panci antilengket.

Faktanya, PFAS terkadang disebut sebagai bahan kimia "selamanya". Mereka mencerna dengan sangat lambat dan diketahui tetap berada di tubuh dan lingkungan selamanya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement