Sabtu 14 Jan 2023 04:10 WIB

Pria Harus Tahu, Ini Ciri-Ciri Kadar Testosteron Rendah

Testosteron merupakan hormon pada pria yang penting untuk banyak hal.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang pria memegang dadanya (Ilustrasi). Gairan seks rendah dan tumbuh payudara dapat menjadi tanda kadar testosteron rendah.
Foto:

- Merasa lemah dan lelah berkepanjangan

Pria dengan testosteron rendah mungkin merasa lemah dan lelah, bahkan setelah beristirahat atau tidur, Mereka tidak merasa termotivasi untuk melakukan aktivitas fisik karena kelelahan ini.

- Kesulitan tidur

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menemukan testosteron rendah memengaruhi kemampuan pria yang lebih tua untuk tidur nyenyak. Tetapi ini tidak memengaruhi durasi tidur.

Testosteron rendah dikaitkan dengan sering terbangun di malam hari, menghabiskan lebih banyak waktu terjaga di malam hari, dan menghabiskan lebih sedikit waktu dalam tahap tidur terdalam.

-  Berkeringat di malam hari (night sweats) dan hot flash

Tingkat testosteron yang rendah bisa menjadi penyebab berkeringat di malam hari. Namun, berkeringat di malam hari juga dapat disebabkan efek samping obat atau kondisi kesehatan kronis.

Sementara itu, munculnya hot flash ditandai dengan rasa hangat dan kemerahan pada kulit secara tiba-tiba, diikuti dengan keringat yang banyak. Hampir semua pria yang kadar testosteronnya cukup tidak pernah merasakan hot flash.

Namun, sebagian besar pria yang menerima terapi penggantian androgen untuk kanker prostat mengalami hot flash. Ini karena tingkat testosteron menurun akibat pengobatan ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement