Rabu 11 Jan 2023 05:00 WIB

Disartria Bisa Muncul Tujuh Hari Sebelum Serangan Strok, Seperti Apa Rasanya?

Strok iskemik sering kali didahului oleh strok peringatan alias strok mini.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit kepala (ilustrasi). Disartria dapat mendera orang sepekan sebelum mereka mengalami strok.
Foto:

Penulis studi, Peter M Rothwell, menjelaskan bahwa selama ini ilmuwan telah mengetahui bahwa TIA kerap menjadi pendahulu dari strok berat. Hal yang belum dapat dipetakan ilmuwan adalah seberapa mendesak pasien harus dinilai setelah TIA untuk menerima perawatan pencegahan yang paling efektif.

photo
Deteksi gejala stroke dengan metode FAST - (Republika)

"Studi ini menunjukkan bahwa waktu TIA sangat penting, dan perawatan yang paling efektif harus dimulai dalam beberapa jam setelah TIA untuk mencegah serangan besar," ujar Rothwell, dikutip dari laman Express, Selasa (10/1/2023).

Guna mencegah strok dan mengurangi risiko darurat medis, penyesuaian gaya hidup bisa sangat efektif. Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) merekomendasikan penerapan pola makan rendah lemak dan tinggi serat, dengan banyak buah, sayuran, dan biji-bijian.

Disarankan pula untuk menjaga asupan garam di bawah enam gram sehari, karena garam berlebih merupakan penyebab utama tekanan darah dan jadi cikal bakal strok. Selain itu, dianjurkan berhenti merokok, tidak minum alkohol, dan rutin berolahraga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement