Sabtu 07 Jan 2023 05:00 WIB

Empat Gejala Anda Menderita Sciatica, Kondisi yang Dialami Penyanyi Adele

Penyanyi Adele mengaku sudah bertahun-tahun menderita sciatica.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Foto penyanyi Adele menjadi sampul album 30 keluaran Columbia Records. Adele mengaku menderita sciatica.
Foto: Columbia Records via AP
Foto penyanyi Adele menjadi sampul album 30 keluaran Columbia Records. Adele mengaku menderita sciatica.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi asal Inggris, Adele, telah mengabarkan kepada para penggemarnya bahwa dia cukup lama menderita sciatica. Kondisi yang juga disebut skiatika itu adalah rasa nyeri yang menjalar di sepanjang jalur saraf skiatika, dari punggung bawah hingga ke kaki.

Pada pertunjukannya di Las Vegas, AS malam tahun baru silam, Adele berjalan tertatih-tatih di atas panggung. "Saya harus berjalan pelan akhir-akhir ini, karena saya mengidap linu panggul yang sangat parah," ujar pelantun lagu "Someone Like You" yang berusia 34 tahun itu.

Baca Juga

Linu panggul atau sciatica bisa disebabkan oleh cedera atau iritasi pada saraf sciatic. Menurut The National Institute for Health and Care Excellence, sekitar 40 persen warga Inggris mengalami kondisi tersebut beberapa kali dalam hidup.

Kondisi yang terkadang melemahkan ini bisa membaik dengan sendirinya dalam waktu empat hingga enam pekan. Akan tetapi, manakala gejala semakin memburuk, penderitanya disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Sciatica dapat memengaruhi area mana saja di sepanjang saraf sciatic, yang meliputi bagian punggung bawah hingga ke kaki. Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), terdapat empat gejala yang harus diwaspadai.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement