Sabtu 07 Jan 2023 04:00 WIB

Pasien Kanker Stadium Lanjut Mayoritas Alami Gejala Seperti Ini

Hampir setiap orang dengan kanker stadium lanjut memiliki gejala serupa.

Perempuan kelelahan (Ilustrasi). Hampir setiap orang dengan kanker stadium lanjut memiliki gejala kelelahan ekstrem.
Foto:

Begitu ada lebih banyak sel kanker dalam tubuh, kelelahan dapat menyebabkan penurunan makan dan penurunan aktivitas. Cancer Research UK menginformasikan, beberapa jenis kanker membuat zat yang disebut sitokin.

"Sitokin adalah kelompok protein dalam tubuh yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini dapat menyebabkan kelelahan," demikian keterangan dari Cancer Research UK, dikutip dari laman Express, Jumat (6/1/2023).

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam jurnal medis BMC Primary Care mengungkap bahwa kelelahan tak tertahankan pada pasien kanker stadium akhir terlihat pada 57 persen pasien yang menerima perawatan paliatif. Laporan yang sama menunjukkan pasien juga bisa mengalami sakit yang tak tertahankan.

Nyeri tersebut sering dikategorikan sebagai kronis karena cenderung bertahan lebih lama daripada nyeri yang disebabkan oleh masalah lain. Pada pasien kanker, nyeri sering kali menimbulkan beberapa komplikasi lain seperti mudah tersinggung, sukar tidur, nafsu makan turun, dan tingkat konsentrasi rendah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement