Senin 28 Nov 2022 15:08 WIB

10 Penyebab Orang Lebih Cepat Ubanan

Sejumlah orang beruban lebih cepat daripada kebanyakan orang.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Rambut beruban. Ada beberapa penyebab yang dapat membuat uban muncul lebih awal.
Foto: Boldsky
Rambut beruban. Ada beberapa penyebab yang dapat membuat uban muncul lebih awal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rambut putih atau uban kerap dikaitkan dengan proses penuaan. Namun, kemunculan uban juga bisa terjadi lebih dini akibat pengaruh beragam faktor.

Perlu diketahui bahwa pertumbuhan rambut terjadi dalam tiga tahap, yaitu anagen, katagen, dan telogen. Rambut terpigmentasi secara aktif pada tahap anagen, lalu pigmentasi akan menurun di tahap katagen, dan tak terjadi di tahap telogen.

Baca Juga

Seiring dengan penambahan usia, jumlah pigmen yang masuk ke tiap helaian rambut akan menurun. Hal inilah yang membuat rambut putih atau uban semakin banyak muncul di usia lanjut.

Namun di samping usia, ada 10 faktor lain yang bisa mendorong kemunculan rambut putih. Berikut ini adalah kesepuluh faktor tersebut, seperti dilansir Stylecraze, Ahad (27/11/2022).

Gen

Menurut Dr K Harish Kumar MD DVL, gen adalah faktor predominan dalam menentukan pada usia berapa rambut akan kehilangan pigmen. Pada beberapa orang, faktor genetik kemunculan helaian uban pertama bisa terjadi pada usia 20-an tahun.

Defisiensi melanin

Pada sebagian besar kasus, defisiensi melanin merupakan penyebab utama dari memutihnya rambut. Produksi melanin bergantung pada suplementasi protein dan nutrisi yang cukup. Kekurangan asupan gizi bisa membuat kadar melanin menurun.

Hormon

Studi mengindikasikan abhwa hormon bisa memicu atau meningkatkan kemunculan uban prematur. Orang-orang yang merasa kemunculan uban di rambut mereka berkaitan dengan masalah hormon sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Kondisi medis

Masalah kesehatan tertentu bisa membuat rambut kehilangan pigmen. Beberapa contohnya adalah penyakit autoimun seperti vitiligo, pernicious anemia, penyakit tiroid, dan sindrom penuaan dini.

Defisiensi vitamin dan mineral

Rambut memutih bisa didorong oleh defisiensi zat besi, vitamin D, vitamin B12, folat, dan selenium. Defisiensi vitamin B12 dan asam folat yang disertai dengan penurunan kadar biotin kerap ditemukan pada orang-orang yang mengalami kemunculan uban lebih dini.

Stres

Selain faktor yang berkenaan dengan masalah fisik, masalah psikologis juga dapat mempengaruhi kemunculan uban. Beberapa studi menunjukkan bahwa muatan stres oksidatif yang dipicu stres psikologis bisa menyebabkan terjadinya rambut beruban secara prematur.

Zat kimia

Terkadang, kandungan zat kimia yang ada di dalam sampo, sabun, hingga produk pewarna rambut bisa menjadi penyebab langsung dari kemunculan uban. Akan tetapi, kondisi tersebut juga bisa terjadi akibat adanya infeksi atau alergi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement