Ahad 06 Nov 2022 11:05 WIB

Masih Muda Sudah Ubanan, Ini Sederet Kemungkinan Penyebabnya

Ada sejumlah penyebab yang membuat rambut berubah lebih awal.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Rambut beruban. Ada beberapa penyebab yang dapat membuat uban muncul lebih awal.
Foto: Boldsky
Rambut beruban. Ada beberapa penyebab yang dapat membuat uban muncul lebih awal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang, baik pria maupun wanita. Namun, seiring bertambahnya usia, rambut biasanya mulai memutih atau beruban.

Hanya saja, ada sebagian orang yang rambutnya mulai beruban meski usianya belum lanjut. Apa sebenarnya penyebab rambut beruban sebelum waktunya?

Baca Juga

Dikutip dari laman Express, Ahad (6/11/2022), ada bukti bahwa genetik adalah penentu terbesar rambut beruban. Di samping itu, penelitian menunjukkan kekurangan nutrisi mungkin juga terlibat.

Rambut beruban adalah ciri utama penyakit autoimun dan faktor lain seperti stres dan merokok. Studi juga menunjukkan peran faktor lingkungan seperti sinar ultraviolet, iklim, elemen dan kekurangan nutrisi pada rambut beruban.

The International Journal of Trichology menulis pada tahun 2016, meskipun penyebab utama uban dini dianggap genetik, faktor lingkungan tertentu juga berperan. Kekurangan elemen seperti vitamin B12, vitamin D3 dan kalsium juga dapat dikaitkan dengan rambut beruban lebih dini, menurut peneliti.

Dalam sebuah penelitian awal yang diterbitkan dalam International Journal of Trichology, para peneliti menemukan uban prematur sering kali bertepatan dengan rendahnya kadar vitamin D. Studi ini, tidak dapat membuktikan peran kausal, sehingga tidak disarankan untuk menambah vitamin D dalam upaya untuk memperlambat uban.

Gangguan autoimun yang terkait dengan rambut beruban prematur, termasuk vitiligo dan anemia pernisiosa, yang cenderung menunjukkan kekurangan B12 atau zat besi. Keterlibatan anemia dalam rambut beruban dikaitkan dengan peran zat besi dalam sel darah.

Itu terjadi karena zat besi bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, zat besi juga diyakini memainkan peran kunci dalam memperpanjang produksi pigmen rambut.

Pada 2017, Indian Journal of Dermatology menerbitkan sebuah penelitian yang dilakukan pada 71 kasus uban prematur, yang didefinisikan sebagai uban pada usia 25 tahun ke atas. Catatan pasien diambil, yang memberikan rincian tentang beberapa parameter kesehatan pada saat rambut mereka mulai beruban. Laporan termasuk informasi tentang anemia, gangguan tiroid, glukosa darah puasa, dan kadar vitamin B12.

"Hipovitaminosis B12 dan hipotiroidisme menunjukkan hubungan yang signifikan dengan gangguan tersebut, sedangkan anemia, feritin serum, dan glukosa darah puasa tidak," kata para peneliti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement