Kamis 02 Sep 2021 11:51 WIB

Cegah Rambut Beruban Dini, Coba Konsumsi Makanan Ini

Rambut beruban yang dipengaruhi faktor genetik tak bisa diperbaiki dengan singkat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Cara mencegah rambut beruban dini (ilustrasi).
Foto: scienceline.org
Cara mencegah rambut beruban dini (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rambut yang memutih atau beruban merupakan bagian dari proses penuaan yang bahkan bisa terjadi sejak usia muda. Meski tak ada yang bisa dilakukan untuk mengubah rambut yang sudah memutih, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah agar sisa rambut lainnya tidak memutih lebih dini.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya rambut memutih secara prematur. Sebagian di antarnaya adalah stres yang tinggi dan kebiasaan merokok.

Di samping itu, defisiensi zat gizi juga dapat berkontribusi pada terjadinya rambut memutih prematur. Beberapa zat gizi yang perlu dipastikan kecukupannya untuk mencegah rambut beruban adalah kalsium, tembaga, besi, protein, vitamin B, vitamin D, dan zinc atau seng.

Seperti dilansir Health Digest, ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu mencegah terjadinya rambut beruban prematur dan menjaga kesehatan rambut. Berikut ini adalah tiga di antaranya:

 

1. Buah sitrus

Konsumsi buah sitrus seperti jeruk dapat memberikan asupan vitamin C yang dapat membantu mencegah rambut beruban. Asupan vitamin C ini dibutuhkan utnuk produksi kolagen yang dibutuhkan oleh rambut.

Sitrus juga merupakan sumber asam folat yang baik. Asam folat diketahui memainkan peran dalam menentukan warna rambut.

Baca juga : Manfaat tak Terduga Minyak Zaitun untuk Kesehatan Mental

2. Makanan fermentasi dan telur

Makanan fermentasi dikenal baik untuk kesehatan usus. Usus yang sehat juga turut berdampak pada rambut yang sehat.

Seperti diketahui, usus memproduksi vitamin B7 atau biotin. Vitamin ini berperan dalam menjaga rambut tetap kuat dan sehat.

Di sisi lain, telur juga menjadi makanan yang sangat direkomendasikan karena merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Sebuah studi menemukan bahwa defisiensi B12 dapat menyebabkan rambut beruban prematur.

3. Makanan lain

Beberapa makanan lain yang juga direkomendaiskan adalah lentil yang dikenal tinggi akan protein. Dark chocolate juga bagus untuk meningkatkan asupan zat besi dan tembaga.

Makanan lain yang direkomendasikan adalah ikan salmon yang mengandung vitamin D dan omega-3. Sayuran berdaun hijau gelap juga baik untuk dikonsumsi.

4. Genetik

Sebagian orang mengalami rambut beruban karena dipengaruhi faktor genetik. Bila ada anggota keluarga yang mengalami rambut beruban prematur, kemungkinan anggota keluarga yang lain juga akan mengalaminya

Rambut beruban yang dipengaruhi oleh faktor genetik tak bisa diperbaiki dengan singkat lewat konsumsi makanan, suplemen, atau herbal. Dalam hal ini, pewarnaan rambut dapat menjadi opsi terbaik. 

Baca juga : Mahasiswa UMM Buat Sarung Tangan Pencegah Saraf Terimpit

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement