Selasa 29 Nov 2022 00:29 WIB

Kolesterol Naik Tiba-Tiba? Mungkin Ini Pemicunya

Kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan strok.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Kolesterol Jahat
Foto:

 

Obat-Obattan

Beberapa obat mungkin memiliki efek peningkatan kolesterol pada tubuh. Ini termasuk obat resep seperti obat antihipertensi, beta-blocker, danazol, retinoid, antipsikotik, antikonvulsan, imunosupresan, obat antivirus dan interferon.

Secara umum, obat-obatan ini meningkatkan kadar kolesterol darah dengan mengubah metabolisme lipid. Obat-obatan tertentu, seperti antipsikotik, juga dapat meningkatkan kolesterol dengan meningkatkan berat badan.

Untuk mencegah peningkatan kolesterol akibat obat, bicarakan dengan dokter. Dokter dapat menentukan risiko Anda dan jika perlu mengubah obat atau dosis Anda.

Kehamilan

Selama kehamilan, wajar jika kolesterol darah meningkat 30 persen hingga 40 persen. Itu karena kolesterol sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat. Seorang dokter dapat membantu mengelola kondisi tersebut dengan menyarankan perubahan pola makan dan meresepkan obat penurun lipid.

Penurunan Berat Badan yang Cepat

Penyebab naiknya kolesterol adalah penurunan berat badan yang cepat. Dalam sebuah studi tahun 2019, ilmuwan meneliti tiga orang dewasa dengan cepat menurunkan berat badan dengan mengikuti diet sangat rendah kalori.

Dalam ketiga kasus, kolesterol LDL mereka untuk sementara melonjak sebelum turun ke tingkat normal. Menurut para peneliti, ini mungkin terkait dengan perubahan metabolisme.

 

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, pastikan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan. Mereka dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan aman sambil memberikan panduan untuk efek samping yang berhubungan dengan kesehatan, seperti peningkatan kolesterol secara tiba-tiba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement