Rabu 10 Jan 2024 00:06 WIB

Kolesterol Tinggi, Tubuh Perlihatkan Empat Tanda, Apa Saja?

Perlu cek darah untuk memeriksa kadar kolesterol.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Xantelasma merupakan salah satu pertanda kolesterol tinggi, juga bisa karena faktor keturunan.
Foto: Instagram dr Pimple Popper
Xantelasma merupakan salah satu pertanda kolesterol tinggi, juga bisa karena faktor keturunan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki kolesterol tinggi berarti Anda memiliki terlalu banyak zat lemak yang disebut kolesterol dalam darah. Pada tahap awal, kolesterol tinggi tidak selalu menjadi sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Tetapi, seiring berjalannya waktu, kolesterol tinggi dapat menumpuk di arteri dan menyebabkan masalah-masalah. Oleh karena itu, ini merupakan faktor risiko utama serangan jantung, strok, dan penyakit jantung.

Baca Juga

Dilansir Express, Selasa (9/1/2024), banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki kolesterol tinggi kecuali mereka melakukan tes. Namun, ada beberapa tanda peringatan kolesterol tinggi yang bisa muncul pada tubuh.

Dokter Umum National Health Service (NHS) Khalid Zalmay mengatakan pihaknya banyak mendengar tentang bahaya kolesterol tinggi. Tetapi, kecuali melakukan tes darah, seseorang mungkin tidak akan tahu karena biasanya tidak ada gejala-gejala.

 

"Kulit Anda juga bisa menunjukkan tanda-tanda bahwa Anda menderita kolesterol tinggi," ujar dr Zalmay berbicara di YouTube.

Xanthelasma

Tanda pertama adalah benjolan-benjolan kuning di sekitar kelopak mata. Benjolan kuning tersebut dikenal secara medis sebagai xanthelasma.

Ini bisa menjadi tanda utama hiperkolesterolemia. Dokter Zalmay menjelaskan bahwa ini terjadi ketika tubuh seseorang mengumpulkan kolesterol ekstra di sekitar mata.

"Anda mungkin melihat pertumbuhan datar berwarna kekuningan di sekitar mata dan endapan ini umumnya tidak berbahaya, menyakitkan, gatal, atau semacamnya, tetapi hal tersebut dapat mengindikasikan kolesterol tinggi yang tidak terkontrol, diabetes, atau masalah-masalah kesehatan lainnya," jelas dr Zalmay.

Benjolan-benjolan berwarna kuning kemerahan

Benjolan kemerahan kekuningan di seluruh tubuh mungkin mengindikasikan tanda-tanda penyakit metabolisme yang mendasarinya. Menurut dr Zalmay, salah satu penyebab utama munculnya benjolan berwarna kuning kemerahan ini adalah tingginya kadar trigliserida. Trigliserida terkait dengan kolesterol manusia.

"Benjolan kecil seperti lilin ini bisa terjadi hampir di mana saja, bisa di kaki, tangan, lengan, tungkai, dan bahkan bokong," kata dia.

Benjolan warna kuning kemerahan ini dikenal sebagai xanthomatosis. Benjolan ini tidak menular.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement