Ahad 27 Nov 2022 11:27 WIB

Makan Malam Penuh Cerita di Ubud Bali

Chef Mitsuaki Senoo mengatakan, 10 menu tersebut ibarat sebuah buku cerita.

Menu utama bertajuk Elevation di set dinner Hoshinoya Bali yaitu potongan daging steak dengan tiga saus khas Indonesia, maranggi, kalasan, dan sambal hijau. Steak disantap dengan akar lotus yang digoreng dan taburan bubuk kari.
Foto: Republika/Indira Rezkisari
Menu pembuka bertajuk Greeting berupa sup dingin gazpacho dengan sentuhan jahe dan jeruk nipis.

Bukan cuma mengejutkan, 'Aroma' juga bagi saya memikat dari segi rasa. "Aroma adalah masakan dengan bahan-bahan khas Jepang namun menggunakan teknik masak klasik Prancis. Sausnya dibuat dari kuah seafood yang dimasak hingga kental. Kemudian ditambahkan biji mustard. Supaya lebih ringan tambahkan lagi krim masak," kata Mitz san. Saus tersebut pun gurih membelai lidah dengan kesentuhan sedikit asam segar dari mustard.

Lalu sebelum beranjak ke makanan utama, menu 'Refresh' tersaji. Menu ini dalam kebiasaan makan Jepang dikenal shiraae atau hidangan penyegar mulut. Uniknya Mitz san menyajikan shiraae dari buah sawo yang diberi saus kental dari tahu dan biji wijen.

Waktu pertama membaca menu saya tidak bisa membayangkan pertemuan antara sawo dan saus tahu. Tak disangka paduan tersebut masuk di akal.

"Sebenarnya saus tahu dan pasta biji wijen itu sangat berat," katanya. Tapi konsep menu di Hoshinoya mencari keseimbangan rasa dari Jepang dan Indonesia. Mitz san juga merasa sawo adalah buah yang tidak terlalu populer di Indonesia. Karena itu ia sengaja memilih sawo sebagai shiraae.

"Saya ingin bisa meng-highlight sawo yang kesannya biasa-biasa saja jadi istimewa. Saus tahu juga kemudian rasa dan konsistensinya dibuat menyesuaikan dengan rasa sawo yang bisa berbeda-beda. Bila tidak ada sawo bisa diganti dengan kelengkeng," ujar dia.

Lalu sampailah hidangan utama alias sang bintang, 'Elevation' yaitu steak dengan tiga saus yang sangat Indonesia. Saus maranggi berupa kecap dengan potongan cabai dan bawang, saus kalasan yang gurih yang biasa dipakai sebagai bumbu ayam, serta saus sambal cabai hijau.

Mitz san mengaku sengaja memilih tiga saus tersebut karena ingin mengenalkan kekayaan rasa Indonesia. "Ingin tamu Hoshinoya Bali bisa merasakan perbedaan rasa yang beda dalam set dinner," terangnya.

Set course menu ini hanya bisa dinikmati oleh tamu yang menginap di Hoshinoya Bali. Harganya Rp 1,2 juta untuk per satu orang.

photo
Menu pembuka bertajuk Greeting berupa sup dingin gazpacho dengan sentuhan jahe dan jeruk nipis. - (Republika/Indira Rezkisari)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement