Rabu 23 Nov 2022 15:52 WIB

Feses Berwarna Hijau tak Selalu Terkait Makanan, Apa Pemicu Lainnya?

Ada sejumlah kondisi yang dapat membuat feses berwarna hijau.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Kloset. Bentuk, tekstur, dan warna feses dapat menunjukkan status kesehatan seseorang.
Foto:

Bagaimana jika feses berwarna merah?

Sebelum membahas alasan lain untuk feses merah, penting untuk mengikuti panduan NHS dan tidak mendiagnosis diri sendiri. Jika feses berwarna merah, itu tandanya ada pendarahan dubur.

photo
Bentuk tinja bisa mencerminkan status kesehatan seseorang. - (Republika)

Meskipun darah di kotoran adalah tanda kanker usus, faktanya tidak selalu demikian. Sering kali, itu bergantung pada warna merah yang dimaksud. Jika, misalnya, ada darah merah cerah di tisu toilet, noda di feses, atau air kloset berwarna merah muda, NHS mengatakan itu bisa menandakan kondisi berikut:

• Wasir

• Fisura ani alias luka robek di anus

• Infeksi menular seksual

• Efek samping obat pengencer darah.

Namun, jika feses terlihat sangat gelap atau bahkan hitam, bisa jadi itu pertanda sesuatu yang lebih serius seperti kanker usus, tukak lambung, penyakit divertikular atau divertikulitis. Jika mengalami perubahan kebiasaan buang air besar yang berlangsung lebih dari tiga pekan, merasa sakit perut, tidak nyaman, atau kembung setelah makan, bisa jadi itu adalah kanker usus.

Meski menakutkan, NHS mengatakan kebanyakan orang dengan gejala ini tidak menderita kanker usus. Namun, apabila merasa khawatir, penting untuk menemui dokter sesegera mungkin sehingga semua kondisi yang berpotensi serius dapat segera ditangani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement