Sabtu 19 Nov 2022 22:33 WIB

Dokter Ungkap Lima Hal untuk Cegah Sakit Jantung

Ahli mengingatkan banyak kasus sakit jantung yang pada dasarnya bisa dicegah.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Ahli mengingatkan banyak kasus sakit jantung yang pada dasarnya bisa dicegah.
Foto:

4. Peran hormon

Menurut Dr Chukumerije, pria dan wanita memiliki faktor risiko penyakit jantung yang sama, termasuk obesitas, merokok, diabetes, riwayat keluarga, dan tekanan darah tinggi. Dr Boden-Albala mengatakan, penyakit jantung adalah penyebab utama kematian wanita di Amerika Serikat di mana satu dari setiap luma wanita meninggal karena penyakit jantung. Wanita cenderung mengalami penyakit jantung di kemudian hari dibandingkan pria karena perbedaannya dikaitkan hilangnya estrogen selama transisi menopause.

 

5. Ubah faktor risiko

Dr Chukumerije mengatakan ada cara yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Misalnya, menjaga kesehatan mulut yang optimal dua menit sehari, dua kali sehari. 

Luangkan waktu rileks. Sisihkan waktu untuk beberapa momen meditasi sepanjang hari, biarkan 1-3 menit pernapasan dalam untuk membantu menurunkan detak jantung selama saat-saat stres di tempat kerja atau di rumah.

Sangat penting untuk mempertahankan pola makan yang sehat untuk jantung. Ini termasuk memilih makanan kaya biji-bijian, protein rendah lemak dan banyak buah serta sayuran. 

Dr Boden-Albala menambahkan, banyak faktor risiko yang dapat diubah untuk menurunkan risiko. Aktivitas fisik adalah cara yang bagus untuk mengurangi risiko seperti berjalan setiap hari, berenang atau menari adalah beberapa cara untuk mengurangi risiko. 

Pada akhirnya, bekerjalah untuk mengurangi stres dalam diri. Stres dapat menyebabkan perilaku tidak sehat lainnya dan mungkin juga berkontribusi pada peningkatan risiko serangan jantung maupun strok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement