Sabtu 19 Nov 2022 08:00 WIB

Mencoba Makanan Khas India dari Tangan Chef Ternama

Maya at Sailendra JW Marriott tawarkan menu khas India dengan beragam rasa.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Seek a seekh hadir di Maya, Restaurant Sailendra, JW Marriot.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Seek a seekh hadir di Maya, Restaurant Sailendra, JW Marriot.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- JW Marriott Hotel Jakarta memperkenalkan gerai barunya Maya at Sailendra dengan menyajikan makanan khas India.  Menghadirkan aroma yang menyegarkan ke pentas kuliner India di Jakarta, Maya akan menyajikan aneka hidangan a la carte populer, makanan penutup dan koktail dari New Delhi, Lucknow, Punjab, Hyderabad dan makanan lezat lainnya dari India Utara.

Kaya akan sejarah, budaya, dan orisinalitas, koki spesialisasi India pemenang berbagai penghargaan, Bhagwat Singh, akan mempersembahkan keahlian dalam menyajikan hidangan terbaik khas India. Penikmat kuliner bisa mencoba beragam menu yang disajikan, seperti Watermelon & Avo Chaat, Organic Quinoa Chaat, Methi Malai Tikka, Quintessential Butter Chicken, Seek-a-Seekh, Jaitooni Machhi, Maya tadka Vegetables, Vegetable Dum Biryani, Uttaranchal Saag, Gulab Jamun Cheese Cake, dan masih banyak lagi.

Baca Juga

"Para tamu dapat memilih pilihan vegetarian dan non-vegetarian. Untuk hidangan utama, dan saya akan sangat merekomendasikan untuk mencoba Quintessential Butter Chicken, hidangan ayam yang dipanggang dan dimasak dengan tomat berbumbu halus dan saus mentega. Sangat cocok dinikmati dengan roti naan hangat," saran Bhagwat Singh, dalam pertemuannya dengan media, belum lama ini.

Pengunjung kini dapat menikmati suasana Maya yang fantastis dan dimanjakan oleh mahakarya kuliner khas India untuk makan siang (12 siang hingga 3 sore) dari Senin hingga Ahad. 

photo
Beragam menu India (Maya) hadir di Restoran Sailendra, JW Marriot. - (Republika/Desy Susilawati)

Ragam masakan India yang wajib dicoba

Ada beragam menu khas India yang wajib dicoba di Maya at Sailendra. Berikut beberapa menu yang ditawarkan.

1. Quintessential butter chicken

Chef Bhagwat Singh mengatakan para tamu dapat memilih pilihan vegetarian dan non-vegetarian. Untuk hidangan utama, ia merekomendasikan untuk mencoba Quintessential Butter Chicken. Ini adalah hidangan ayam yang dipanggang dan dimasak dengan tomat berbumbu halus dan saus mentega. "Sangat cocok dinikmati dengan roti naan hangat," sarannya.

 

2. Methi malai tikka

Executive Chef JW Marriott Hotel Jakarta, Abhishek Bash menjelaskan ini adalah menu ayam panggang yang memiliki cita rasa gurih. Ayam ini dimarinasi dengan bawang putih, jahe, dan fenugreek atau kelabat atau klabet selama satu malam.

Klabet adalah rempah yang khas digunakan dalam masakan India. Klabet dapat digunakan untuk obat herbal herb dan sebagai rempah, dikenal juga dengan nama methi. Selain itu, menurut Bash, marinasi juga menggunakan plain yogurt selama setengah jam.

 

3. Watermelon & avo chaat

Ini adalah semangka yang disajikan bersama dengan alpukat hass yang dihaluskan. Alpukat ini sudah diberikan tambahan bumbu dan rempah khas India. Sehingga rasa yang dihasilkan cukup unik, manisnya semangka berpadu dengan gurihnya alpukat yang sudah diberikan bumbu. Rasanya segar dan menggiurkan.

 

4. Organic quinoa chaat

Makanan ini termasuk makanan pembuka dalam kuliner India. Terbuat dari kinoa atau quinoa yang merupakan serealia semu yang menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indian di Pegunungan Andes, Amerika Selatan.

Kinoa dimasak bercampur dengan potongan tomat, timun, bawang dan juga biji-bijian lain. Makanan ini plain namun sedikit gurih. Penampilannya cukup manis karena diberi garnish bunga juga kacang.

 

5. Khan khatai kebab

Mendengar kata kebab, langsung terpikir kebab dengan kulit yang garing yang berisikan daging juga sayur. Namun, kebab India ini sungguh diluar ekspektasi. Kebab India ini justru berbentuk seperti patty nuget atau gorengan gandasturi yang berbahan dasar kacang hijau.

Kebab ini adalah motong dal patties dengan kapulaga hitam. Dengan tambahan mace, saffron dan prune, buah kering dari kultivar.

 

5. Seek-a-Seekh

Makanan ini terbuat dari daging kambing yang bentuknya mirip sosis panjang. Rasanya khas kambing.

 

6. Ajwaini prawns

Ini adalah udang panggang yang memiliki rasa sedikit pedas. Udangnya berukuran besar dan rasanya nikmat.

 

7. Bharwan paneer tikka

Ini adalah makanan yang terbuat dari keju yang teksturnya mirip dengan tahu. Namun rasanya plain. Pada bagian tengah, ditambah seperti keju mozzarella.

 

8. Awadhi gosht biryani

Ini adalah nasi biryani rasa kambing. Terbuat dari beras basmati yang dicampur dengan potongan daging kambing dan beberapa sayuran. Nasi ini diolah dengan beberapa rempah termasuk kapulaga hijau, kayu cendana, saffron dan rempah lainnya. Rasanya gurih dan enak.

 

9. Gulab jamun cheese cake

Ini adalah cheese cake dengan isian gulab jamun. Gulab jamun adalah bola-bola manis rasanya mirip karamel berpadu dengan manis gurih cheese cake sangat menyatu dilidah. Rasanya berbeda dengan cheese cake pada umumnya.

Selain itu masih banyak menu lainnya seperti uttaranchal saag yang terbuat dari bayam, daal makhani, Indian bread basket dan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement