Sabtu 09 May 2015 08:09 WIB

Rahasia Dibalik Kenikmatan Makanan India

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Makanan India (Ilustrasi)
Foto: Health
Makanan India (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Makanan India sering dipuji sebab karinya, repah-rempah, dan rasa pedasnya yang kompleks.

Dengan penggunaan kapulaga, cabai merah, asam, dan bahan pedas lainnya, kombinasi rasa yang dihasilkan tidak seperti makanan lain yang ditemukan di seluruh dunia.

Para ilmuwan India sekarang telah menemukan mengapa makanan India ini sangat nikmat. Itu lebih kepada perbedaan tumpang tindih rasanya di dalam bahan.

"Kami menemukan bahwa pembagian rasa pada rata-rata masakan India secara signifikan lebih rendah dari yang diperkirakan orang," tulis hasil penelitian Indian Institute of Technology, dilansir dari Health, Sabtu (9/5).

Para peneliti memeriksa sejumlah bahan yang menjadi komposisi hidangan. Mereka meninjau ribuan resep di sana. Dalam masakan Barat, bahan-bahan masakan biasanya dimasukkan ke dalam makanan memiliki tekstur rasa yang sama.

Namun, hidangan India rata-rata memasukkan tujuh bahan yang sebagian besarnya tidak mengandung tumpang tindih rasa, misalnya cayenne, paprika hijau, ketumbar, dan garam masala tidak pernah dipasangkan dengan bahan-bahan yang mengandung kimia. Hidangan masakan-masakan India menggunakan sekitar 200 bahan dari 381 bahan masakan terkenal di dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement