Kamis 09 Apr 2015 18:51 WIB

Di India Wortel Diracik Jadi Pencuci Mulut Manis Ini

Rep: C26/ Red: Indira Rezkisari
Gajjar Ka Halwa, hidangan India yang dibuat dari parutan wortel, susu, kismis, dan taburan almond.
Foto: C26
Gajjar Ka Halwa, hidangan India yang dibuat dari parutan wortel, susu, kismis, dan taburan almond.

REPUBLIKA.CO.ID, Suka hidangan manis sebagai pencuci mulut? Kalau es krim, puding, kue, atau buah sudah biasa buat Anda. Coba Gajjar Ka Halwa, hidangan pencuci mulut ala India yang diracik dari parutan wortel.

Wortel, sayuran kesukaan kelinci ini, biasanya digunakan dalam kuliner Indonesia sebagai bahan sayur seperti sop. Sering juga diolah menjadi minuman jus yang kaya vitamin A.

Lewat tangan koki asal India, Ranjit Debnath, sayuran berwarna oranye ini jadi menu makanan penutup yang unik, bernama Gajjar Ka Halwa. Menu ini tersedia di Hotel Pullman Central Park dalam rangka Indian Food Festival All Day Dinning.

Hidangan ini dimasak menggunakan susu, gula, dan minyak sayur, kemudian ditambahkan irisan kismis dan almond. Parutan wortel yang dimasak dengan semua bahan dihidangkan dengan potongan almond dan kismis di atasnya terasa lezat di lidah.

Namun ada satu hal yang menjadi keunikan dalam setiap masakan India yaitu pemakaian rempah-rempah yang menjadi ciri khas. India memang terkenal dengan kuliner yang kaya pemakaian rempah-rempah.

Rempah-rempah yang digunakan adalah bubuk hijau cardamon. Bubuk ini dibuat dari biji kapulaga yang dihaluskan. Rasa yang tercipta adalah manis sebagaimana khasnya hidangan pencuci mulut.

Selain menu unik ini, banyak menu lain yang ditawarkan dalam festival makanan India yang akan diadakan Hotel Pullman Central Park untuk para pengunjungnya. Diantaranya, Mughlai Chicken, Tandoori Chicken, dan Murgh Badami Shorba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement