Rabu 22 Feb 2023 16:01 WIB

Sayuran Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat, Murah dan Mudah Didapat

Sayuran kaya serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Bayam. Ada beberapa sayuran yang dipercaya ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, salah satunya bayam. (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Bayam. Ada beberapa sayuran yang dipercaya ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, salah satunya bayam. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat dilakukan dengan mengubah pola makan. Menurut penelitian, serat larut membantu mengurangi kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Sayuran mengandung lemak jenuh yang rendah dan bebas kolesterol. Mereka juga kaya serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat larut dapat memperlambat penyerapan kolesterol dan dapat mengurangi jumlah kolesterol yang dihasilkan hati.

Baca Juga

Ahli gizi dan pendiri MY22BMI, Preety Tyagi, menyarankan delapan sayuran yang ampuh membantu mengurangi kolesterol tinggi dalam tubuh. Kedelapan sayuran tersebut yakni:

1. Bayam

Dilansir laman Hindustan Times, Selasa (20/2/2023), sayuran berdaun hijau dalam diet adalah suatu keharusan. Bayam adalah sayuran yang sempurna, tidak hanya karena kaya akan vitamin dan mineral penting, tetapi juga karena membantu menghilangkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Ketika diikuti dengan gaya hidup aktif, itu benar-benar terbukti menjadi sayuran yang sangat baik untuk menghilangkan kolesterol jahat. Mengonsumsinya dapat dalam bentuk mentah maupun dimasak.

2. Brokoli

Brokoli menjadi sayuran berserat tinggi dan gudang vitamin C dan kalsium. Brokoli membantu menjaga kesehatan jantung yang baik. Kandungan seratnya yang tinggi membantu menempelkan kolesterol jahat ke dalamnya dan mengeluarkannya dari tubuh. 

3. Wortel

Wortel sangat berserat dan merupakan sumber beta karoten yang membantu mencegah oksidasi LDL dalam tubuh. Wortel juga meningkatkan kesehatan jantung serta membantu dalam pemurnian darah.

4. Bit

Bit adalah sayuran akar yang menyediakan sumber serat yang bagus, baik larut maupun tidak larut. Ini juga merupakan sumber nitrat yang membantu memperlebar pembuluh darah dan mengurangi tingkat tekanan darah dalam tubuh. Ini membantu dalam mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Asparagus

Asparagus, seperti sayuran yang disebutkan di atas, merupakan sumber vitamin dan mineral penting, terutama folat. Ini membantu dalam menghilangkan kolesterol jahat, meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, dan meningkatkan kesehatan jantung.

6. Kubis

Kubis adalah sayuran yang sangat berserat, penuh antioksidan, dan sifat antiinflamasi yang dapat membantu pencegahan penyakit jantung. Sumber vitamin C yang sangat baik juga, tidak hanya membantu menghilangkan kolesterol jahat tetapi juga mengatur tingkat tekanan darah dalam tubuh.

7. Kubis brussel

Berasal dari keluarga sayuran silangan yang sama, kecambah brussel sangat baik dalam menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Bukan hanya jantung, tetapi juga usus menjadi lebih sehat.

8. Pare

Pare membantu memurnikan darah dan meningkatkan fungsi jantung. Bahkan membantu dalam mengurangi kadar kolesterol dan gula dalam tubuh. Jus pare dalam jumlah kecil, yang diminum untuk mendetoksifikasi tubuh adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement