Selasa 14 Feb 2023 14:17 WIB

Cara Efektif Turunkan Kolesterol Jahat di Tubuh, 5 Langkah Ini Patut Ditiru

Perubahan gaya hidup tertentu dapat mengurangi kolesterol jahat di tubuh.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Cara mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh. (ilustrasi)
Foto: Foto : MgRol112
Cara mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar kolesterol dalam tubuh diproduksi oleh organ hati. Sisanya, berasal dari makanan yang Anda makan. Untuk menghasilkan hormon, vitamin D, dan zat kimia yang membantu pencernaan makanan, tubuh  membutuhkan kolesterol.

Tubuh menghasilkan semua kolesterol yang diperlukan. Kolesterol bergerak dalam darah yang terbungkus dalam lipoprotein.

Baca Juga

Kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Meskipun pengobatan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, perubahan gaya hidup tertentu juga dapat mengurangi kolesterol jahat.

Berikut cara mudah dan sehat menurunkan kadar kolesterol:

1. Mengonsumsi makanan yang menyehatkan jantung

 

Ahli kesehatan menyarankan untuk mengurangi lemak jenuh yang umumnya ditemukan pada daging merah dan produk susu penuh lemak. Anda juga perlu menghilangkan lemak trans. Lemak trans, terkadang dicantumkan pada label makanan sebagai minyak sayur terhidrogenasi. Zat ini sering digunakan dalam margarin dan kue yang dibeli di toko.

Dilansir laman India.com pada Selasa (14/2/2023), saran lainnya adalah mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3. Makanan dengan asam lemak omega-3 termasuk salmon, kenari, dan biji rami.

Jangan lupa untuk meningkatkan serat larut. Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

2. Berolahraga secara teratur

Berolahraga rutin dan meningkatkan aktivitas fisik dapat membantu menurunkan kolesterol Anda.

3. Berhenti merokok

Merokok dapat menurunkan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL). Sebaliknya, berhenti merokok dapat menurunkan kolesterol jahat atau Low-density lipoprotein (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Ini juga dapat membantu melindungi arteri mereka.

4. Menjaga berat badan ideal

Kelebihan berat badan atau obesitas cenderung meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Penurunan berat badan sesedikit 5-10 persen dapat membantu meningkatkan angka kolesterol.

5. Hindari konsumsi alkohol

Segala sesuatu yang berlebihan, tentunya akan berdampak buruk pada kesehatan. Termasuk ketika mengonsumsi alkohol, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement