Rabu 24 May 2023 22:45 WIB

3 Bahan Makanan Bernutrisi untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan memiliki nutrisi yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan kulit.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Wortel juga memiliki segudang kebaikan bagi kulit. Kandungan vitamin C pada wortel dapat melembabkan dan mencerahkan kulit.   (ilustrasi)
Foto: Pxhere
Wortel juga memiliki segudang kebaikan bagi kulit. Kandungan vitamin C pada wortel dapat melembabkan dan mencerahkan kulit. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Makanan memiliki nutrisi yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, termasuk bagi kulit. Dan memperhatikan makanan bernutrisi untuk kesehatan kulit adalah kewajiban.

“Beberapa nutrisi yang dibutuhkan kulit, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan, mudah ditemukan pada bahan makanan alami,” ujar Managing Director Skinfood Indonesia Iswandy Lim dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga

Ada sejumlah bahan makanan bernutrisi yang baik dikonsumsi untuk kulit, berikut ini beberapa di antaranya:

1. Aprikot

Di balik rasanya yang manis, buah aprikot baik untuk melembapkan dan mencerahkan kulit, mengurangi komedo, hingga mampu melawan eksim yang sering menjadi masalah kulit sensitif.

 

2. Berry

Sejak dahulu, aneka jenis buah berry menjadi makanan yang umum dikonsumsi di kalangan kerajaan karena dipercaya bisa membantu agar kulit tetap awet muda. Seiring dengan berjalannya waktu, para ahli sepakat bahwa beberapa jenis buah berry membawa kandungan antioksidan yang kuat bahkan hingga empat kali lipat dari buah lainnya.

Kandungan antioksidan dan berbagai vitamin dalam buah berry dapat mengoptimalkan perawatan wajah untuk menghasilkan kulit yang lebih cerah dan sehat. Selain itu, beberapa bahan aktif dalam ekstrak buah berry itu juga dapat berfungsi sebagai pengontrol produksi minyak, mengatasi jerawat hingga kulit kusam.

 

3. Wortel

Banyak orang mengenal khasiat wortel bagi kesehatan mata, padahal wortel juga memiliki segudang kebaikan bagi kulit. Kandungan vitamin C pada wortel dapat melembabkan dan mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan antioksidan pada wortel juga mampu menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Selain itu, senyawa beta karoten dan karotenoid pada wortel mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV A. Senyawa tersebut juga dapat membantu memperbaiki kulit dari kerusakan akibat efek buruk paparan sinar matahari.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement