Selasa 08 Nov 2022 18:19 WIB

Delapan Cara Makan Sehat untuk Menjaga Tubuh dan Pikiran 

Tambahkan lebih banyak makan protein.

Rep: Haura Hafizah/ Red: Muhammad Hafil
Makanan sehat (ilustrasi)
Foto: Flickr
Makanan sehat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Transisi dari gaya hidup yang sembarangan dan menetap ke gaya hidup sehat bisa sangat sulit. Pergeseran dari makan di luar setiap hari ke diet yang sempurna mungkin merupakan harapan yang tidak realistis bagi seorang pemula. Oleh karena itu, perubahan gaya hidup ini perlu dilakukan secara bertahap dan realistis.

Dilansir dari NDTV pada Selasa (8/11/2022), perubahan ini bisa menjadi rutinitas latihan yang mudah dan tips makan sehat yang mudah diikuti. Seiring dengan ini, penting untuk mengikuti diet yang memuaskan nafsu makan Anda serta pikiran Anda.

Baca Juga

Berikut delapan cara makan sehat untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap terjaga yaitu :

1. Makan Makanan Utuh yang Tidak Diproses

Diet bergizi dapat diikuti dengan berbagai cara dan tidak ada dua diet yang identik. Namun, sebagian besar diet sehat jangka panjang yang efektif memiliki sifat yang diproses secara minimal. Makanan utuh adalah makanan yang telah mengalami sedikit pemrosesan, seperti protein hewani segar, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian.

2. Tambahkan Lebih Banyak Protein

Salah satu nutrisi terpenting, protein sering disebut memiliki beberapa sifat luar biasa. Ini sering dianggap sebagai makronutrien yang paling memuaskan karena kekuatannya untuk mempengaruhi hormon rasa kenyang dan lapar Anda. Makanan berprotein tinggi menurunkan ghrelin, hormon yang menyebabkan rasa lapar di dalam tubuh.

3. Dapatkan Bantuan Profesional

Beralih ke diet sehat bisa menakutkan dan sulit. Anda mungkin berpikir bahwa ada begitu banyak diet untuk dipilih sehingga Anda bahkan tidak tahu harus mulai dari mana. Anda dapat menemukan cara terbaik untuk Anda dengan bantuan beberapa profesional yang memenuhi syarat.

4. Makan dari Piring Kecil

Lebih banyak makanan disajikan di piring yang lebih besar. Dengan demikian, Anda makan lebih banyak. Sebuah penelitian menemukan bahwa jika Anda hanya beralih untuk menyajikan makanan Anda di piring 10 inci daripada piring 12 inci, Anda akan mengkonsumsi sekitar 22 persen lebih sedikit makanan di tahun depan.

5. Pahami Diet yang Cocok

Masing-masing dari Anda memiliki serangkaian keadaan tertentu yang dibentuk oleh faktor-faktor seperti genetika, kesehatan, jadwal kerja, keluarga, aspek budaya dan banyak lagi. Tidak ada diet yang dapat sepenuhnya menjelaskan atau memperhitungkan begitu banyak keadaan individu yang unik.

6. Buat Daftar Belanjaan dan Patuhi

Dua hal yang perlu diingat disini, jangan berbelanja saat Anda lapar dan buat daftar terlebih dahulu. Pembelian impulsif dapat terjadi ketika Anda tidak tahu persis apa yang Anda butuhkan dan rasa lapar dapat membuat Anda menambahkan lebih banyak lagi makanan bernutrisi rendah ke keranjang belanja Anda. Tindakan terbaik adalah membuat rencana dan membuat daftar kebutuhan Anda sebelumnya.

7. Jangan Ngemil

Ngemil adalah kebiasaan manusia yang sangat normal dan sehat. Namun, mengemil keripik, soda, dan makanan tidak sehat lainnya bukanlah pilihan terbaik saat mencoba mengikuti diet sehat. Pastikan untuk memotong makanan ini dari daftar belanjaan Anda atau simpan di tempat yang tidak terjangkau seperti rak paling atas.

8. Jaga Makanan Sehat

Di meja kopi sofa, meja makan, meja samping tempat tidur atau dimana saja Anda biasanya harus ngemil. Menjaga camilan sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan dan sebagainya dapat membantu Anda mengemil makanan yang sehat dan mengenyangkan.

Sumber :

https://www.ndtv.com/health/diet-follow-these-8-realistic-healthy-eating-tips-to-keep-your-body-and-mind-in-check-3491186/amp/1

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement