Rabu 02 Nov 2022 06:45 WIB

Jalan Cepat Selama Tujuh Menit Bisa Tekan Risiko Penyakit Jantung

Jalan cepat setiap hari bisa cegah penyakit jantung secara signifikan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Jalan kaki (ilustrasi). Jalan cepat dapat pangkas risiko penyakit jantung.
Foto:

Dalam studi tersebut, para peneliti melihat data latihan dari 88.412 orang dewasa paruh baya yang terdaftar di UK Biobank, bank data skala besar yang berisi catatan kesehatan setengah juta orang dari Inggris. Sebanyak 88.412 orang yang terlibat dalam penelitian ini menggunakan alat fitness tracking di pergelangan tangan mereka selama sepekan sebagai bagian dari studi UK Biobank.

Para peserta biobank kemudian ditindaklanjuti selama rata-rata 6,8 tahun dan jumlah kejadian kardiovaskular, yang meliputi strok dan penyakit jantung iskemik (penyakit jantung yang disebabkan oleh arteri yang sempit). Sementara itu, pedoman di UK yang ditetapkan oleh UK Chief Medical Officer menyarankan agar masyarakat tetap aktif setiap hari.

Mereka secara khusus merekomendasikan melakukan 150 menit olahraga intensitas sedang dan 75 menit olahraga berat per pekan. Jika bisa, penting juga untuk memasukkan latihan kekuatan atau angkat beban ke dalam rutinitas olahraga. Studi sebelumnya telah menemukan hubungan antara latihan kekuatan dan aerobik dengan panjang umur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement