Rabu 19 Oct 2022 02:21 WIB

Minum Suplemen Vitamin Bareng Ibuprofen, Lansia Alami Pendarahan di Otak

Ibuprofen saja memiliki efek samping perdarahan di perut dan usus.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Obat pereda sakit dapat meningkatkan risiko pendarahan (ilustrasi).
Foto:

Science Direct menjelaskan bahwa meskipun suplemen itu dimaksudkan untuk merangsang memori dan meningkatkan sirkulasi, suplemen juga dapat memiliki efek samping yang berbahaya. Efek samping yang dimaksud termasuk penghambatan reseptor faktor pengaktif trombosit yang menyebabkan perdarahan, yang telah dijelaskan dalam serangkaian laporan kasus.

Ibuprofen juga telah dikaitkan dengan masalah seperti pendarahan, karena menurunkan jumlah prostaglandin yang diproduksi. Ini berarti kerusakan lambung seperti pendarahan dan tukak lambung serta usus adalah efek samping yang mungkin terjadi, meskipun hal ini relatif jarang terjadi.

Meski bersumber dari tumbuhan alami, banyak suplemen yang bisa menyebabkan pendarahan di lambung dan usus. Dalam banyak kasus, perdarahan ini dapat terjadi tanpa menimbulkan gejala yang jelas, yang bisa berakibat fatal.

Meskipun beberapa penelitian memperingatkan agar tidak mengonsumsi ibuprofen dan ginkgo bersamaan, penelitian lain menyatakan bahwa tidak ada bukti yang cukup untuk mendukung risiko kesehatan yang serius dari penggunaan kedua obat tersebut. Faktanya, satu tinjauan sistematis menantang bahaya seputar ginkgo, setelah gagal menemukan perubahan penting secara klinis dalam pembekuan darah. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menjelaskan beratnya risiko ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement