Senin 10 Oct 2022 22:54 WIB

Penderita Alergi Tungau Debu Rumah Perlu Hindari Sofa Beludru-Pakai Karpet di Kamar

Tingkat keparahan gejala alergi tungau debu rumah bervariasi pada tiap penderita.

Ruam dan gatal akibat alergi tungau debu rumah (ilustrasi). Mereka yang alergi tungau debu direkomendasikan tidak menaruh karpet di kamar tidur dan tidak memakai sofa dengan bahan beludru yang dapat menyimpan debu.
Foto:

Menurut Prof Iris, orang dengan alergi perlu menghindari faktor pencetus demi kualitas hidup lebih baik. Alergi yang tak terkontrol dengan dapat menjadi kronis dan berujung komplikasi. Salah satu dampak buruk alergi yang tak terkontrol, yakni anafilaksis atau syok akibat alergi berat terhadap obat dan ini membutuhkan pengobatan khusus.

"Alergi jangan pernah dianggap enteng walaupun orang suka enggak sadar nanti jam 10 ada matahari, pilek hilang. Jangan sampai alergi jadi kronis. Bisa sinusitis, bahkan jadi asma nantinya," kata Prof Iris.

Prof Iris menyarankan mereka dengan alergi menyiapkan obat-obatan di rumah dan membawanya kala berpergian. Menurut dia, pemilihan obat yang tepat merupakan hal penting sehingga penderita dapat meredakan gejalanya dengan lebih cepat dan kembali produktif tanpa gangguan. Perawatan alergi mencakup obat seperti antihistamin untuk mengontrol gejala yang ada. Obat ini dapat digunakan saat alergi terjadi dan saat merasa gejala reaksi alergi untuk mencegah reaksi berlebihan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement